Breaking News:

Bupati Abdullah Azwar Anas 'Bedah' APBD Kabupaten Banyuwangi dalam Forum Lemhanas

Bupati Anas membedah APBD Kabupaten Banyuwangi dalam diskusi panel BS Ekonomi Program Pemantapan Pimpinan Daerah Angkatan XI tahun 2020 Lemhanas.

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas menjadi narasumber dalam diskusi panel BS Ekonomi Program Pemantapan Pimpinan Daerah Angkatan (P3DA) XI tahun 2020 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI, Jumat (13/11/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas menjadi narasumber dalam diskusi panel BS Ekonomi Program Pemantapan Pimpinan Daerah Angkatan (P3DA) XI tahun 2020 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI, Jumat (13/11/2020).

Kegiatan yang digelar secara daring ini diikuti puluhan Bupati/Wali Kota serta Ketua dan Wakil Ketua DPRD se-Indonesia.

Dalam diskusi kali ini, Bupati Anas  membedah APBD Kabupaten Banyuwangi. Staf Ahli Lemhanas, Prof DR Didin S. Damanhuri bertindak selaku moderator.

Didin menyebut, success story tentang Banyuwangi telah banyak terdengar. 

"Dalam penilaian kami, Bupati Banyuwangi telah menunjukkan pembangunan yang impresif di Banyuwangi. Dengan keterbatasan anggaran dan SDM,  berbagai inovasi terus digali untuk peningkatan kesejahteraan di daerah," kata Prof Didin, yang juga Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor (IPB).

Baca juga: Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Akhir Tahun 2020 ASN dan Pegawai Swasta, Catat!

Baca juga: Bayar Utang dengan Cek Kosong, Pengusaha Asal Surabaya Dituntut Hukuman Tiga Tahun Penjara

Bahkan, imbuh Prof Didin, instrumen digital juga dilibatkan, masyarakat diajak untuk berpartisipasi dalam semua program pemerintahan yang dibuat, semua pihak dirangkul.

"Banyak kiat yang bisa ditiru oleh kita semua dari Banyuwangi, " ujarnya.

Dalam paparannya, Bupati Anas mengatakan bahwa semua kepala daerah menghadapi masalah yang sama, yakni keterbatasan anggaran, SDM, maupun waktu. Skala prioritas pun perlu dibuat.

"Pendidikan dan kesehatan tetap menjadi prioritas pembangunan. Kami juga ada program unggulan yakni pertanian, pariwisata dan UMKM, serta program penunjang yaitu di bidang infrastruktur, perlindungan sosial, lingkungan hidup dan birokrasi. Intinya, skala prioritas itu penting sebagai pedoman kita menjalankan pembangunan," kata Anas.

Selain itu, lanjut Anas, pemkab juga merangkul banyak pihak untuk memecahkan masalah daerah, karena tangan pemerintah sangat terbatas.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Pipin Tri Anjani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved