Breaking News:

East Java Fashion Harmony Suguhkan Fashion Show di Pinggir Pantai Solong, Metode Promosi Batik Jatim

East Java Fashion Harmony 2020 dihelat di Villa Solong, Sabtu (14/11/2020) bertema batik.

SURYA/Fatimatuz Zahroh
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa hadir dalam East Java Fashion Harmony 2020 yang dihelat di Villa Solong, Sabtu (14/11/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Gelaran East Java Fashion Harmony 2020 berjalan meriah dan indah. Dihelat di Villa Solong, Sabtu (14/11/2020), gelaran fashion show bertema batik itu penuh keindahan karena digelar dengan latar belakang pantai dan pegunungan pulau seberang. 

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan bahwa gelaran ini merupakan tahun kedua digelarnya East Java Fashion Harmony.

Sebelumnya, gelaran fashion show ini dilakukan di dalam gedung dan tidak di ruang terbuka. 

Namun, tahun ini, karena sedang terjadi pandemi Covid-19, dan dibutuhkan untuk diselenggarakan di tempat yang aman dari penyebaran Covid-19, maka pemilihan lokasi sengaja dipilih di pinggir Pantai Solong Banyuwangi

“Ini tahun kedua gelaran ini diselenggarakan. Dari pertimbangan banyak hal, di sini yang paling memungkinkan untuk menjadi lokasi penyelenggaraan yang dapat memberikan daya tarik untuk bisa mempromosikan batik dari banyak kabupaten kota di Jatim, terutama yang legend dari sini adalah batik gringsing,” kata Khofifah. 

Baca juga: Pantai Solong Banyuwangi Disulap Jadi Catwalk Peragaan Busana East Java Fashion Harmony

Baca juga: Pariwisata Bangkit, Pesona Sunset Pulau Merah Kembali Digandrungi Para Wisatawan

Pasalnya batik Jawa Timur bukan hanya menampilkan keunggulan dan keelokan motif yang beraneka ragam. Namun juga menceritakan dan melestarikan nilai-nilai leluhur. Yang kemudian dinarasikan di atas kanvas oleh para perajin batik tulis. 

“Banyak di antara kita yang harus kembali memanggil memori kita bahwa berbagai seni, kearifan lokal. banyak dituliskan dibatas kanvas oleh para pembatik. Terutama para kreator yang memungkin bersinergi dengan desainer dan produsen batik di Jatim,” kata Khofifah. 

Mantan Menteri Sosial ini menegaskan bahwa penyelenggaraan East Java Fashion Harmony yang dihelat outdoor ini juga menjadi kepatuhan Pemprov Jatim terhadap protokol kesehatan. 

Dimana prokes ditegakkan ketat. Pengunjung dan juga partisipan seluruhnya harus non reaktif dalam rapid test. Dan juga harus bermasker atau menggunakan face shield. 

“Ini win win profit yang kita coba berikan. Bahwa kreatifivtas dan inovasi tetap mendapatkan ruang saat pandemi Covid-19,” pungkas Khofifah. 

East Java Fashion Harmony ini dihadiri oleh model utama Puteri Indonesia 2020, Rr Ayu Maulida didampingi sejumlah model lokal. Gelaran ini melampilkan kreasi dan inovasi dari 12 perajin, desainer dan kreator batik. (SURYA/Fatimatuz Zahroh)

Editor: Pipin Tri Anjani

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Pipin Tri Anjani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved