Breaking News:

Masalah Gigi dan Mulut Ternyata Berdampak Pada Kesehatan Tubuh, IPROSI Surabaya: Jaga Kebersihannya!

Sandy Aditya Susilo dari Ikatan Prostodontia Indonesia (IPROSI) Surabaya jelaskan hubungan kesehatan mulut, gigi, dan gusi dengan kesehatan tubuh.

Penulis: Akira Tandika | Editor: Hefty Suud
TRIBUNJATIM.COM
Webinar Kelas Online Dokter Cilik Batch 2020 yang digelar TribunJatim Network serta didukung oleh Lifepack dan Jovee, Sabtu (21/11/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Tahu kah bahwa terganggunya kesehatan mulut, gigi, dan gusi ternyata berdampak pada kesehatan tubuh yang lainnya?

Simak penjelasan Sandy Aditya Susilo dari Ikatan Prostodontia Indonesia (IPROSI) Surabaya dalam Webinar Kelas Online Dokter Cilik Batch 2020 yang digelar TribunJatim Network serta didukung oleh Lifepack dan Jovee, Sabtu (21/11/2020).

Di masa pandemi virus Corona ( Covid-19 ) seperti saat ini, banyak gaya hidup yang berubah.

Sandy melihat anak-anak hingga orang dewasa yang kerap memakan camilan di tengah kegiatan work from home atau sekolah daring.

Hal tersebut sebenarnya tidak begitu dilarang oleh Sandy, hanya saja perlu diperhatikan agar tidak terlalu banyak.

Karena selain tidak baik bagi kesehatan tubuh, juga tidak baik untuk kesehatan gigi dan mulut.

Sandy lebih menyarankan untuk mengganti jenis camilan, makanan, atau minuman yang akan dikonsumsi, baik saat melakukan daring ataupun untuk keseharian. Dari makanan manis, menjadi sayur dan buah-buahan.

"Selain itu, menakar jumlah asupan karbohidrat dan mengurangi konsumsi makanan cepat saji. Sebagai gantinya, saya lebih menyarankan untuk mengonsumsi air mineral, makanan tanpa bahan pengawet, dan pemanis buatan," terangnya.

Menurut Sandy, dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari, terdapat beberapa bakteri jahat yang dapat merusak lapisan gigi, gusi, lidah, pipi, dan air ludah, apabila tidak dibersihkan.

"Selain merusak gigi, apabila sisa makanan dalam mulut tidak segera dan sesering mungkin dibersihkan, dapat pula mengakibatkan bau mulut. Tentu saja hal itu sangat tidak baik bagi kesehatan dan kepercayaan diri," imbuh Sandy.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved