Breaking News:

BPJS Kesehatan Tulungagung

Semangat Dokter Sis Layani Peserta JKN-KIS di Usia Senja, Bawa Pesan: Harus Punya Niat Baik, Sabar 

Dokter Praktik Perorangan (DPP) mitra BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung, Siswantoro semangat layani peserta JKN-KIS hingga usia senja. Bawa pesan ini.

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Dokter Praktik Perorangan (DPP) mitra BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung, Siswantoro. 

TRIBUNJATIM.COM, TULUNGAGUNG – Usia senja bagi sebagian orang adalah waktu untuk beristirahat dan menikmati kebersamaan dengan keluarga.

Namun tidak demikian dengan Siswantoro, di usianya yang menginjak 68, Dokter Praktik Perorangan (DPP) mitra BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung ini masih semangat untuk mengabdi kepada masyarakat melalui Program Jaminan Kesehatan NasionalKartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Pertama, karena memang profesi saya sebagai dokter. Kedua, kebetulan istri juga dokter, beliau sudah almarhumah, sebelumnya jadi FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) JKN, kemudian saya tertarik melanjutkan. Insya Allah saya masih punya kemauan dan kemampuan untuk melanjutkan,” ucapnya.

Bagi dokter yang akrab dipanggil dokter Sis ini, Program JKN-KIS adalah sarana terbaik untuk menjalani masa pensiunnya. Dirinya bisa dekat dengan masyarakat sebagai bentuk pengabdian.

“Bagi saya JKN sendiri merupakan sarana yang terbaik untuk saya selama menjalani masa pensiun sesuai dengan profesi saya. Karena JKN itu pemberian pelayanan kesehatan pemerintah yang diberikan kepada masyarakat melalui asuransi kesehatan. Menurut saya, itu merupakan sarana terbaik untuk Indonesia. Satu-satunya yang bisa saya berikan pengabdian itu, saya bisa dekat dengan masyarakat,” pungkasnya.

Namun demikian, bagi Siswantoro banyak tantangan dan pengalaman menarik selama menjadi FKTP mitra BPJS Kesehatan.

Mulai dari peserta JKN-KIS yang mayoritas berusia lanjut dan masuk dalam 3 besar nominasi FKTP mitra BPJS Kesehatan terbaik tingkat nasional.

“Peserta JKN itu kebanyakan usia lanjut, kadang-kadang datang ndak minta berobat tetapi minta langsung dirujuk ke rumah sakit. Kedua, yang luar biasa ketika saya diminta untuk ikut membuat vlog BPJS, diluar perkiraan masuk 3 besar nasional. Itu jadi beban psikologis saya. Di usia saya yang senja seperti ini, masih banyak yang muda-muda yang lebih baik, dan bagi saya hanya berbekal kesederhanaan saja, bekerja sesuai kemampuan, dan tetap patuh pada aturan yang disepakati,” terangnya.

Dari berbagai tantangan tersebut, kaitannya dengan pelayanan kesehatan di era JKN saat ini, Siswantoro berpesan untuk rekan sejawat penerusnya.

Bahwa sebagai dokter, tenaga medis, tetap harus memiliki niat yang baik, komitmen yang baik, karena akan menghadapi peserta JKN-KIS yang beragam.

“Tetap harus punya kemauan, niat yang baik, dan komitmen yang baik. Kalau kaitannya dengan pelayanan, ya harus sabar menghadapi peserta yang beragam, dari tingkat pendidikan, latar belakang kebiasaan, dan sebagainya. Karena memang asuransi kesehatan ini salah satu yang meringankan beban masyarakat,” tuturnya.

Tidak lupa Sis berpesan untuk masyarakat dan peserta JKN-KIS khususnya, agar mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di masa pandemi saat ini, menggunakan Aplikasi Mobile JKN, dan menjaga pola hidup sehat.

“Kalau saya menggunakan 2N, New Normal, 3M, Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan. Dan mungkin ditambah 1M lagi, Menggunakan Aplikasi Mobile JKN. Meskipun Mobile JKN itu hambatannya, peserta saya yang tua-tua ndak punya handphone, saya edukasi pelan-pelan, kalau bisa menggunakan itu, karena mengurangi jarak bertemu selama pandemi. Ditambah 3M lagi, imannya harus baik, imunnya harus baik, dan aman. Semuanya dikerjakan sesuai panduan yang ada. Tetap harus jaga pola hidup sehat, kalau bisa pola makannya harus baik, pola geraknya harus wajib olahraga, dan pola pikirnya. Istirahat harus cukup, supaya bisa mengurangi stress yang ada, karena kalau stress pasti daya tahan tubuhnya menurun, apalagi di masa pandemi saat ini,” ucapnya. (ar/ck)

Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved