Breaking News:

Pilkada Banyuwangi

Ipuk Fiestiandani Sapa Warga Wongsorejo Banyuwangi, Berdialog Soal Pertanian Sampai Pariwisata

Calon Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani sapa warga Wongsorejo. Di sana Ipuk berdialog soal pertanian hingga pariwisata.

TRIBUNJATIM.COM/HAORRAHMAN
Calon Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani saat bertemu kelompok petani di Wongsorejo, Rabu (25/11/2020).  

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Haorrahman

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Calon Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas berkeliling memenuhi undangan berbagai kelompok masyarakat di Kecamatan Wongsorejo, bersama Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Jawa Timur, Sri Sajekti Sudjunadi, Rabu (25/11/2020). 

Pertama, Ipuk Fiestiandani bersilaturahim dengan kelompok tani di Desa Bajulmati. Di desa ini Ipuk Fiestiandani memaparkan program pengembangan pertanian. 

"Pertanian adalah program prioritas kami. Apalagi calon wakil bupati kami, Pak Sugirah, adalah petani tulen," kata Ipuk Fiestiandani.

Ada dua skema utama dalam pengembangan pertanian. Pertama meningkatkan produktivitas, dan kedua memberi nilai lebih hasil pertanian.

Peningkatan produktivitas pertanian di antaranya dengan bantuan alat atau mesin pertanian, pupuk, maupun sarana produksi. Selain itu peran penyuluh dan mobil layanan keliling pertanian lebih dioptimalkan untuk membantu petani meningkatkan produktivitas.

Sementara untuk memberi nilai tambah komoditas pertanian, menurut Ipuk Fiestiandani, di antaranya akan dilakukan dengan memberdayakan warga perdesaan untuk mengolah berbagai hasil pertanian yang memiliki nilai ekonomis yang lebih. 

Baca juga: Dorong Kreativitas Seniman Tari di Tengah Pandemi, Banyuwangi Gelar Festival Karya Tari Virtual 

Baca juga: Bupati Banyuwangi Ajak Kepala Desa dan BPD Bersinergi untuk Majukan Kesejahteraan Desa

Petani juga akan dilindungi dengan asuransi gagal panen. Selain itu produk petani secara berkala akan dibeli langsung oleh pemerintah daerah dan kemudian digunakan untuk bantuan kepada warga kurang mampu maupun untuk peningkatan gizi pelajar.

Di desa ini, Ipuk Fiestiandani juga membagikan kartu anggota tani pada petani yang menjadi binaan Partai Nasdem. Saat ini telah terdapat 3000 petani yang menjadi binaan Partai Nasdem

Seusai dari kelompok tani, Ipuk Fiestiandani bertemu kelompok nelayan. Ipuk Fiestiandani kemudian juga bertemu para pelaku wisata yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bangsring. Berbagai program pengembangan pariwisata dipaparkan dalam pertemuan tersebut.

Baca juga: Sugirah Paparkan Program Membumi di Debat Cawabup Banyuwangi, Warga Antusias Dukung Paslon Nomor 2

Baca juga: Sapa Warga Kalibaru Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Naik Motor Susuri Jalan Setapak

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved