Breaking News:

Ketua DPD Sebut Sirkuit Mandalika Bisa Ubah Wajah NTB dan Indonesia

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, optimis Sirkuit Mandalika yang sedang dibangun bisa mengubah wajah Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Indonesi

Penulis: Yoni Iskandar | Editor: Yoni Iskandar
istimewa
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti acara ramah tamah dengan Gubernur NTB dan jajaranya 

TRIBUNJATIM.COM, MATARAM - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, optimis Sirkuit Mandalika yang sedang dibangun bisa mengubah wajah Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Indonesia di kancah internasional.

Rasa optimis tersebut disampaikan LaNyalla saat Pertemuan Ramah Tamah dengan Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah, di rumah jabatan Gubernur di Lombok, Selasa (24/11/2020) malam.

"Sukses pembangunan Mandalika akan mengubah wajah NTB dan Indonesia. Karena efek domino ekonomi dari kawasan Mandalika akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional. Termasuk penyerapan tenaga kerja untuk sirkuit Mandalika dan kawasan penunjangnya. Baik tenaga kerja tetap, maupun tenaga kerja musiman pada saat event berlangsung," tuturnya kepada TribunJatim.com.

LaNyalla menambahkan, potensi transaksi ekonomi dari event maupun kawasan penunjang di Mandalika akan memberi manfaat bagi masyarakat sekitar dan para pelaku bisnis.

"Ini juga harus dipersiapkan secara matang oleh pemerintah daerah, agar masyarakat dan produk lokal dapat terlibat di dalam transaksi atau pasar tersebut. Oleh karena itu, harus disiapkan mulai dari sekarang," ujarnya.

Baca juga: Sosok Iis Rosita, Istri Edhy Prabowo yang Ikut Ditangkap KPK, Jadi DPR Buat Bantu Suami Berkarier

Baca juga: Profil-Biodata Edhy Prabowo, Menteri KKP yang Ditangkap KPK, Kebijakannya Pernah Kontroversi

Baca juga: Pilu Motor Driver Ojol di Surabaya Raib Dibawa Teman Ngopi, Berhenti Narik, 2 Anaknya Putus Sekolah

Menurutnya, salah satu hal yang harus dilakukan adalah pembinaan UMKM dan sertifikasi serta uji kompetensi tenaga kerja. Termasuk juga pelatihan Vokasi untuk siswa SMK dan Sarjana Jurusan Pariwisata yang diharapkan dapat terserap sebagai tenaga kerja di kawasan penunjang Sirkuit Mandalika.

"Saya berharap sosialisasi dan komunikasi kepada masyarakat tentang apa dan bagaimana serta manfaat dari keberadaan sirkuit Mandalika dan kawasan penunjangnya, lebih diintensifkan," katanya.

LaNyalla yakin, kalau masyarakat NTB telah mendapat gambaran yang utuh, dukungan dari masyarakat akan semakin kuat.

"Seringkali komunikasi kita yang kurang, menimbulkan apatisme masyarakat terhadap program-program besar pemerintah. Padahal, dukungan masyarakat menjadi spirit dan semangat bagi kita untuk melakukan percepatan pembangunan. Ini penting untuk dilakukan," ujarnya.

Bila perlu, ujar LaNyalla, buatkan video sebagai sarana sosialisasi Mandalika, tayangkan di televisi, baik di TV lokal maupun nasional. Sehingga semua orang Indonesia memiliki harapan dan kebanggaan. Dan itu menjadi energi bagi pemerintah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved