Breaking News:

PDI Ganti Nama Jadi PDRI, Gelar Kongres Pertama di Surabaya Sebagai Persiapan Pemilu 2024

PDI berganti nama menjadi Partai Demokrasi Rakyat Indonesia (PDRI), mereka menggelar kongres pertama di Surabaya untuk mempersiapkan Pemilu 2024.

TRIBUNJATIM.COM/BOBBY CONSTANTINE
Partai Demokrasi Rakyat Indonesia (PDRI) menggelar Kongres I di Surabaya, Sabtu (28/11/2020).  

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Bobby Constantine

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Partai Demokrasi Rakyat Indonesia ( PDRI ) menggelar Kongres I di Surabaya, Sabtu (28/11/2020).

Sejumlah agenda dibahas dalam pertemuan yang menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus Corona ( Covid-19 ) cukup ketat tersebut, di antaranya soal persiapan Pemilu 2024 mendatang.

Ini merupakan Kongres pertama setelah PDRI resmi berganti nama dari yang sebelumnya Partai Demokrasi Indonesia (PDI). Ini merupakan perubahan nama untuk kesekian kalinya.

Untuk diketahui, sejak berdiri di 1973, PDI lantas berganti nama menjadi Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI) setelah kalah dari PDI Perjuangan (PDIP) di Pemilu 1999.

Nama PPDI kemudian digunakan pada Pemilu 2004 dan 2009 sebelum akhirnya berganti kembali menjadi PDI di 2009.

Baca juga: Eri Cahyadi-Armuji Unggul di Survei SMRC, PDI Perjuangan Surabaya Minta Seluruh Kader Terus Bergerak

Pergantian nama dari PDI menjadi PDRI pun telah mendapatkan Surat Keputusan (SK) dari Kemenkumham RI pada 2016 lalu. Namun, mereka urung ikut serta dalam Pemilu 2019 karena terkendala persiapan.

Ketua Dewan Pertimbangan Pusat (Deperpu) DPP PDRI, Dimmy Haryanto memastikan perubahan nama ini diyakini akan memperkuat basis pemilihnya.

"Kami gunakan nama PDRI untuk Pemilu 2024," kata Dimmy Haryanto ditemui di sela kongres.

Sekalipun berganti nama, PDRI tetap menggunakan logo partai berlambang kepala banteng dan segi lima berwarna merah, khas PDI. Namun, ada tambahan padi dan kapas di dalamnya.

Baca juga: Punya Presiden Baru, PKS Jawa Timur Optimistis Raih Target di Pilkada Serentak 2020

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved