Breaking News:

PSI Kampanyekan Kotak Kosong Di Pilkada Ngawi, Begini Alasannya

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengajak masyarakat memilih kotak kosong di Pilkada Ngawi, Jawa Timur.

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengajak masyarakat memilih kotak kosong di Pilkada Ngawi, Jawa Timur.

Ketua Bidang Infrastruktur dan Keanggotaan PSI, Yusuf Lakaseng, menegaskan bahwa memilih kotak kosong adalah bagian dari demokrasi.

Hal itu diungkapkan oleh Yusuf  saat melakukan konsolidasi politik di Ngawi, Minggu (29/11/2020).

“Memilih kotak kosong tidak melanggar hukum melainkan kehendak rakyat dalam berdemokrasi," kata Yusuf kepada TribunJatim.com.

Untuk diketahui, Pilkada Ngawi 2020 hanya diikuti satu pasangan calon (paslon) yaitu Ony Anwar - Dwi Rianto Jatmiko (OK), yang diusung oleh 10 partai politik, pemilik 45 kursi di DPRD Ngawi. Secara otomatis, pada pemungutan suara mendatang lawannya adalah kotak atau kolom kosong.

Dalam Pilkada Ngawi 2020 kali ini, Yusuf menjelaskan, calon tunggal terjadi dalam Pilkada seharusnya didasarkan pada calon petahana yang di anggap berhasil oleh masyarakat. Sehingga, angka survei kepuasan publik atas kinerjanya di atas 90 persen sehingga tidak ada yang berani melawannya.

Baca juga: Misteri Calon Manten Pria Lenyap Jelang Nikah, Sandal Ada di Bawah Pohon, Orang Pintar Dilibatkan

Baca juga: Gunung Semeru Terus Muntahkan Guguran Lava Panas, Ini Langkah BPBD Lumajang Jatim

Baca juga: Jadwal Matchday ke-5 Liga Champions , Laga Krusial Real Madrid, MU vs PSG, Liverpool Kontra Ajax

Namun, hal ini tak terjadi di Ngawi. Sebaliknya, Yusuf menyebut kekuasaan yang ada di Ngawi selama ini justru dinilai kurang memberikan kemajuan.

Yusuf menuding munculnya calon tunggal di Ngawi sebagai usaha oligarki kekuasaan.

"Ini harus dilawan oleh masyarakat Ngawi dengan berbondong-bondong ke TPS memilih kotak kosong," katanya kepada TribunJatim.com.

"Kotak kosong adalah simbol kedaulatan rakyat melawan oligarki politik di Ngawi, Oleh karenanya DPP PSI mengintruksikan DPD PSI Kabupaten Ngawi untuk turun ke rumah-rumah warga. Hadir di tengah masyarakat untuk menyampaikan bahwa kotak kosong adalah pilihan," katanya.

"Kotak kosong akan menjadi simbol bersama untuk mengingatkan. Bahwa, bagaimanapun rakyatlah yang memegang kedaulatan tertinggi dalam demokrasi,” pungkas Yusuf. (bob/Tribunjatim.com)

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved