Breaking News:

Banjir Lahar Dingin Semeru Terjang DAS Piket Nol, Ini Penjelasan BPBD Kabupaten Lumajang

Banjir lahar dingin melanda Daerah Aliran Semeru (DAS), yang berlokasi di bawah Jembatan Piket Nol, Kecamatan Pronojiwo, Kamis (3/12/2020).

Penulis: Tony Hermawan | Editor: Pipin Tri Anjani
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Banjir lahar dingin saat menerjang Daerah Aliran Semeru (DAS), yang berlokasi di bawah Jembatan Piket Nol, Kecamatan Pronojiwo, Kamis (3/12/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, LUMAJANG - Banjir lahar dingin melanda Daerah Aliran Semeru (DAS), yang berlokasi di bawah Jembatan Piket Nol, Kecamatan Pronojiwo, Kamis (3/12/2020).

Menurut informasi yang dihimpun, banjir lahar dingin itu datang pada sekitar pukul 16.30 WIB.

Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang Wawan Hadi Siswoyo mengatakan, banjir lahar dingin terjadi karena pada Rabu (2/11) kawasan Besuk Kobokan diguyur hujan. 

"Di Besuk Kobokan kan masih ada sisa material banyak. Kena hujan sehingga material mencair dan terjadi lahar dingin," kata Wawan, saat dihubungi, Kamis (3/12/2020).

Baca juga: Besuk Kobokan Banjir Lahar Panas Gunung Semeru, Penambang Pasir Pilu Terpaksa Berhenti Kerja

Baca juga: Setengah Hektar Lahan Tertimbun Lahar Panas Semeru, Petani Lumajang: Tunggu Kepedulian Pemerintah 

Menurut Wawan, kondisi ini sangat wajar. Terlebih volume timbunan lahar panas di Besuk Kobokan yang masih cukup besar maka potensi banjir lahar dingin akan sering terjadi.

"Dan kalau sudah hujan membahayakan seperti tadi, jadi memang sangat berpotensi lahar dingin," terangnya.

Wawan memastikan tak ada korban jiwa maupun material dalam peristiwa ini. Sebab sebelum bencana alam itu terjadi pihaknya telah melarang aktivitas penambangan.

"Oh sudah gak boleh ada penambang. Karena dengan adanya lahar panas di Besuk Kobokan sewaktu-waktu bisa terjadi lahar dingin," pungkasnya.

Penulis: Tony Hermawan

Editor: Pipin Tri Anjani

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved