Breaking News:

Penanganan Covid

Berdiam Diri di Rumah Ternyata Tak Cukup Lawan Covid-19, Dokter Gizi: Konsumsi Segala Jenis Vitamin!

Dokter Spesialis Gizi Klinik RS EMC Tangerang, Kristina Joy Herlambang mengatakan berdiam diri di rumah tak cukup lawan Covid-19. Perlu kuatkan imun.

Penulis: Akira Tandika | Editor: Hefty Suud
Freepik by bonnontawat
ILUSTRASI - Mencuci tangan untuk mencegah sebaran virus Corona. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Dokter Spesialis Gizi Klinik RS EMC Tangerang, Kristina Joy Herlambang mengatakan untuk meminimalisir paparan virus Corona ( Covid-19 ), tak cukup jika hanya berdiam diri di rumah dan tidak melakukan aktivitas apapun.

Hal itu dipaparkannya dalam Webinar "COVID-19 Outlook in 2021: Pandangan dan Penanganan Pandemi di Tahun 2021", 

"Selain didukung oleh rumah yang layak, masyarakat yang tinggal di rumah disarankan beradaptasi dengan kehidupan normal baru dengan memberi perhatian lebih terhadap imun tubuh agar potensi terpapar virus lebih kecil," ujarnya.

Baca juga: Angka Kematian Akibat Covid-19 di Jember Meningkat, Satgas Ingatkan: Jangan ke Faskes Ketika Kritis

Baca juga: Seorang Karyawan Positif Covid-19, Puskesmas Teja di Pamekasan Ditutup 14 Hari

Menurut Kristina, masa pandemi Covid-19 yang panjang ini telah menimbulkan kelelahan fisik dan mental. Hal ini dapat mengakibatkan masyarakat menjadi abai akan protokol kesehatan.

"Maka, penting sekali untuk tetap mengingatkan protokol kesehatan, serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk meningkatkan imunitas kita," imbuhnya.

Kristina mencontohkan, beberapa cara untuk meningkatkan imunitas bisa didapat dari mengonsumsi gizi seimbang, melakukan aktivitas fisik rutin, istirahat yang cukup, dan pengelolaan stres yang baik.

"Selain itu, untuk menyempurnakan penguatan imun bisa dilakukan dengan mengonsumsi segala jenis vitamin. Di kondisi seperti ini, kita tidak bisa memilih salah satu saja. Kalau bisa, semuanya dikonsumsi," tutup Kristina.

Baca juga: Kelompok Remaja Tanggung di Surabaya Bikin Sajam Sendiri Buat Tawuran, Saling Tantang di Medsos

Baca juga: Cegah Perceraian di Gresik, Kemenag Bersama PCNU Gelar Bimbingan Perkawinan Calon Pengantin

Sementara itu, dalam gelaran webinar itu pula disebutkan bahwa pada 2021 mendatang akan menjadi tahun vaksin. Hal itu dikatakan oleh Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia Susanto Samsudin.

Pada 2021 beberapa sektor akan dibuka secara normal. Salah satunya yakni sektor pendidikan, di mana anak-anak sekolah akan mulai menjalani proses belajar mengajar seperti sedia kala meski dalam jumlah yang terbatas.

"Tak hanya itu, tahun 2021 akan menjadi tahun vaksin. Di mana seluruh negara akan berlomba melakukan vaksin pada warganya sebagai tindakan pencegahan," terang Susanto.

Dengan segala tantangan yang ada, lanjut Susanto, Habitat Indonesia akan terus menggalang dana membantu masyarakat siap dengan segala perubahan dan juga mengajak semua sektor bergerak bersama dalam  memerangi COVID-19 pada 2021 agar kondisi cepat pulih.

Penulis: Akira Tandika

Editor: Heftys Suud

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved