Breaking News:

Pelindo Marines Tandatangani Kerjasama Untuk Layani Pengangkutan Bioenergi

PT Pelindo III (Persero), PT Pelindo Marine Service atau Pelindo Marines melakukan penandatanganan kerjasama dengan Pertamina Trans Kontinental

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Yoni Iskandar
istimewa
Umar, Direktur Utama Pelindo Marines bersama Direktur Utama Pertamina Trans Kontinental, Nepos MT Pakpahan, saat melakukan penandatanganan kerjasama untuk pengangkutan material produksi bioenergi dari bahan bakar nabati, Rabu (2/12/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Anak usaha PT Pelindo III (Persero), PT Pelindo Marine Service atau Pelindo Marines melakukan penandatanganan kerjasama dengan Pertamina Trans Kontinental (Pertamina Group), dan PT USDA Seroja Jaya Surabaya, Rabu (2/12/2020).

Dalam kerjasama itu, Pelindo Marines akan melayani pengangkutan FAME (fatty acid methyl esther atau ester metil asam lemak) yang merupakan material produksi bioenergi dari bahan bakar nabati.

Bahan tersebut digunakan untuk produksi Biosolar milik Pertamina. Bagian dari Program Strategis Presiden Joko Widodo dalam mendorong pemanfaatan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan dibandingkan yang berbasis fosil sehingga tidak terbarukan.

“Pelindo Marines menyiapkan armada kapal dengan kru yang terlatih untuk mengangkut FAME dari Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) PT Wilmar di Pelabuhan Gresik menuju ke Terminal Mirah di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya,” kata Umar, Direktur Utama Pelindo Marines, usai acara.

Seiring meningkatnya kebutuhan suplai FAME produksi Wilmar ke fasilitas blending Pertamina di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, maka pengangkutan melalui moda transportasi darat diperkirakan tidak memungkinkan lagi kedepannya.

“Kerja sama ini merupakan langkah sinergi untuk mengantisipasi agar Program Strategis Pemerintah tidak terganggu akibat adanya hambatan transportasi pasokan," jelas Umar kepada TribunJatim.com.

Baca juga: Rumahnya Diduga Dibakar Orang, Pejabat Dinkes Tulungagung Ini Mengaku Pernah Mendapat Ancaman

Baca juga: Cristiano Ronaldo Ukir Rekor Baru, Jadi Pemain ke-3 yang Tembus 750 Gol, Saingi Legenda Brasil Pele

Baca juga: Kevin Adik Betrand Peto Tak Minta Uang ke Kakaknya, Ternyata Belum Pernah Diundang ke Jakarta!

Pemindahan pengangkutan dengan moda transportasi laut menjadi solusi, karena kapal atau tongkang memiliki kapasitas angkut curah yang lebih besar. Sehingga akan memberikan efisiensi yang signifikan dari sisi durasi dan biaya angkut.

"Selain itu juga mengurangi beban jalan dan kepadatan lalu lintas yang bisa mengganggu aktivitas masyarakat,” ungkap Umar.

Lini bisnis Pelindo Marines di bidang logistik energi, yakni Pelindo Energi Logistik akan mendukung operasi pengangkutan materi bioenergi tersebut dengan menyediakan instalasi pipa.

Sistem perpipaan khusus tersebut akan dioperasikan di Terminal Mirah untuk menyalurkan FAME dari kapal ke pipa yang menuju tangki timbun di terminal milik Pertamina.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved