Breaking News:

RS Lapangan Covid-19 Polkesma Akan Dilengkapi Fasilitas Kebugaran, RSSA Siapkan Nakes Spesial

RS Lapangan Covid-19 akan didirikan di Politeknik Kesehatan Malang Kementerian Kesehatan (Polkesma Kemenkes) yang berada di Jalan Besar Ijen.

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Pipin Tri Anjani
TribunJatim.com/Kukuh Kurniawan
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo (berbaju oranye) saat datang ke Polkesma Kemenkes Malang untuk meninjau pelaksanaan pembangunan RS Lapangan Covid-19. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - RS Lapangan Covid-19 akan didirikan di Politeknik Kesehatan Malang Kementerian Kesehatan (Polkesma Kemenkes) yang berada di Jalan Besar Ijen, Kota Malang.

Rencananya rumah sakit lapangan Covid-19 itu akan didirikan di bagian sebelah barat dari Polkesma Kemenkes tersebut.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo juga telah mengecek langsung lokasi yang akan didirikan RS Lapangan Covid-19 tersebut pada Kamis (3/12/2020) sore.

Nantinya di dalam RS Lapangan Covid-19 Polkesma Malang selain berisi tempat tidur (bed) pasien Covid-19, juga akan dilengkapi dengan fasilitas kebugaran.

"Peluang untuk sembuh Covid-19 yaitu dismping raganya bagus juga jiwanya harus bagus. Untuk raganya, dengan obat dan pemenuhan gizi yang baik. Dan untuk jiwanya, bila jiwanya senang maka insyallah kesembuhan (Covid-19) akan lebih bagus. Sehingga disini (RS Lapangan Covid-19 Polkesma Malang) akan kami siapkan fasilitas gym, hiburan, mushola, dan juga ada jogging tracknya," ujar Direktur Rumah Sakit Saiful Anwar Kota Malang sekaligus Penanggung Jawab RS Lapangan Covid-19 Polkesma Malang, dr Kohar Hari Santoso kepada TribunJatim.com, Kamis (3/12/2020).

Baca juga: Kepala BNPB Tinjau Lokasi Rumah Sakit Lapangan Covid-19 Polkesma Kota Malang

Baca juga: Cegah Kecelakaan di Persimpangan, Dishub Kota Malang Buat Marka Prioritas, Bagaimana Fungsinya?

Ia menjelaskan bahwa kapasitas tempat tidur pasien Covid-19 di RS Lapangan Polkesma Malang sebanyak 306 bed. Namun pihaknya berencana akan mengisinya secara bertahap.

"Kapasitas 306 bed, namun akan kami isi secara bertahap. Dari 100 hingga 150 bed dulu. Kalau ternyata kebutuhannya meningkat, maka akan kami buka penuh," tambahnya.

Dirinya juga menerangkan bahwa pihaknya akan menyiapkan tenaga spesialis kesehatan. Untuk menunjang kegiatan operasional RS Lapangan Covid-19  Polkesma tersebut.

"Ada dokter spesialis penyakit dalam, paru-paru, kami akan kumpulkan semuanya termasuk laboratorium patologi klinik, mikrobiologi untuk diagnosa," jelasnya.

Dirinya juga mengungkapkan di RS Lapangan Covid-19 Polkesma juga akan dilengkapi ruangan high care.

"Kami nantinya juga akan menyiapkan semacam ruangan high care. Bila kondisi pasien Covid-19 mengarah ke gejala berat, maka akan kami bawa sementara ke ruangan itu. Kemudian kami rujuk ke Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA)," tandasnya.

Editor: Pipin Tri Anjan

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved