Breaking News:

Astra Grup Turut Berkontribusi Terhadap Pelepasan Ekspor Nonmigas Indonesia ke Pasar Global

Grup Astra menyatakan bahwa pihaknya juga turut berpartisipasi pada acara Pelepasan Ekspor dari Indonesia ke Pasar Global.

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Pelepasan kontainer produk suku cadang Astra Otoparts berupa baterai Incoe, ban luar Aspira Premio, dan suku cadang Aspira oleh Presiden Direktur PT Astra Otoparts Tbk (AOP) Hamdhani Dzulkarnaen Salim (memegang bendera) yang disaksikan oleh Direksi AOP (4/12). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Dalam rangka mendukung ekspor nonmigas dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, Grup Astra menyatakan bahwa pihaknya juga turut berpartisipasi pada acara Pelepasan Ekspor dari Indonesia ke pasar global yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo secara virtual dari Istana Negara pada hari, Jumat, kemarin (4/12/20).

Presiden Direktur Astra, Djony Bunarto Tjondro mengatakan perusahaan - perusahaan Grup Astra yang berpartisipasi pada acara pelepasan Ekspor kemarin Jumat adalah PT Astra Otoparts Tbk (AOP), PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI).

Ia menjelaskan, pada kegiatan tersebut, AOP mengekspor komponen otomotif untuk pasar suku cadang pengganti (replacement market) dan segmen pabrikan (original equipment manufacturer/OEM), ADM mengekspor kendaraan Gran Max, sedangkan IAMI mengekspor kendaraan komersialnya, yakni Isuzu Traga, yang peresmian ekspor perdananya ke Filipina telah dilaksanakan pada Desember tahun lalu.

Menurut Djony Bunarto Tjondro, salah satu kunci perbaikan perekonomian nasional memang dengan meningkatkan ekspor, karena dapat menambah devisa negara dan mengurangi defisit transaksi berjalan negeri ini.

“Oleh sebab itu, semoga partisipasi Grup Astra pada kegiatan ekspor ini dapat mendukung program pemerintah, yakni ekspor nonmigas, sekaligus membantu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Kami percaya kita semua dapat melalui kondisi pandemi ini jika kita saling mendukung,” ujar Djony Bunarto Tjondro.

Baca juga: BREAKING NEWS: Polda Jatim Tangkap Satu Tersangka Kasus Ancaman Pembunuhan Terhadap Mahfud MD

Baca juga: Ibu-ibu PKK RT 03 RW 09 Wiyung Sulap TPS Jadi Perkebunan, Urban Farming untuk Ketahanan Pangan

*Ekspor Roda Empat Grup Astra Capai 61% dari Total Ekspor Nasional*

Djony Bunarto Tjondro juga mengatakan, bahwasanya Grup Astra selalu mendukung program ekspor nonmigas, terutama untuk produk otomotif dan komponen.

"Hal tersebut sendiri dibuktikan melalui Bisnis roda empat dan roda dua Grup Astra dengan kapasitas produksi masing-masing lebih dari 700.000 unit per tahun dan lebih dari 5 juta unit per tahun sebagai keunggulan strategi produksi untuk melayani kebutuhan
pasar domestik dan ekspor," ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, AOP sebagai produsen dan distributor komponen kendaraan bermotor, saat ini telah mengekspor sekitar 74 jenis komponen yang terdiri dari baterai, ban, komponen elektrikal, transmisi mesin, hingga komponen lainnya ke 50 negara tujuan ekspor.

Halaman
12
Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Pipin Tri Anjani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved