Breaking News:

Hujan Lebat, Pohon Berukuran Besar Tumbang Menimpa Rumah Warga di Pungging Mojokerto

Sebuah bangunan rumah di Mojokerto rusak parah akibat tertimpa pohon berukuran besar.

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Bangunan rumah rusak parah akibat tertimpa pohon berukuran besar di Dusun Panjer, Desa Tunggalpanger, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto. 

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Sebuah bangunan rumah rusak parah akibat tertimpa pohon berukuran besar di Dusun Panjer, Desa Tunggalpanger, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto.

Pohon Bendo yang tumbang itu juga merusak bangunan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) yang berada di dekat lokasi kejadian tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto Muhammad Zaini menjelaskan hujan lebat yang mengguyur kawasan Mojokerto diduga menjadi penyebab pohon tumbang hingga menimpa rumah pada Sabtu malam, (5/12/2020) sekitar pukul 23.30 WIB. Bangunan rumah milik warga bernama Makali, Dusun Panjer, Desa Tunggalpanger rusak parah akibat tertimpa pohon tumbang berukuran besar.

"Pohon tumbang jenis Bendo diameter satu meter menimpa rumah warga tidak ada korban jiwa namun kerugian materil diperkirakan Rp.50 juta," ungkapnya, Minggu (6/12/2020).

Zaini menyebut pohon Bendo yang tumbang itu disinyalir lantaran sudah rapuh apalagi diperparah kondisi tanah yang terkikis air hujan yang mengguyur kawasan Mojokerto sejak Sabtu siang.

Baca juga: BREAKING NEWS - Bengkel Las di Malang Terbakar Hebat, Api Sempat Menyambar Empat Rumah

Baca juga: Dua Menteri Asal Parpol Ditangkap KPK, Pengamat Unair Sebut Eksistensi Parpol Perlu Dipertanyakan

"Paling parah kerusakan bangunan pada atap dan pagar rumah warga karena tertimpa pohon berukuran besar," terangnya.

Petugas gabungan BPBD Kabupaten Mojokerto, Polri dan TNI bersama warga setempat melakukan evakuasi pohon tumbang. Proses evakuasi dan pembersihan batang pohon membutuhkan waktu cukup lama lantaran saking besarnya batang pohon tersebut.

Petugas memakai gergaji mesin untuk memotong batang pohon Bendo agar lebih mudah disingkirkan dari atap bangunan rumah.

"Kita telah berupaya mengevakuasi puing-puing tumbang pohon semalam namun kondisi juga listrik padam sehingga saat ini masih dilanjutkan," jelasnya. (SURYA/Mohammad Romadoni).

Editor: Pipin Tri Anjani

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Pipin Tri Anjani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved