Breaking News:

3 Desa Wisata di Kota Batu Sabet Penghargaan Tingkat Provinsi, Kepala Dinas Pariwisata: Luar Biasa

Tiga desa wisata di Kota Batu sabet penghargaan tingkat provinsi, Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu: Luar biasa.

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM/HUMAS PEMKOT BATU
Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq (paling kanan) dan perwakilan Desa Punten menerima sertifikat penghargaan saat acara Jambore Desa Wisata di Kota Batu, 3-5 Desember 2020. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Benni Indo

TRIBUNJATIM.COM, KOTA BATU - Tiga desa di Kota Batu meraih penghargaan sebagai desa wisata cerdas, mandiri dan sejahtera ( Dewi Cemara ).

Penghargaan ini diberikan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur saat Jambore Desa Wisata di Kota Batu mulai 3-5 Desember 2020.

Jambore Desa Wisata digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur dalam rangka memperkenalkan potensi desa wisata kabupaten/kota se-Jawa Timur. Kota Batu ditunjuk sebagai tempat perhelatan jambore yang diikuti perwakilan pokdarwis dan perwakilan desa wisata kabupaten/kota se-Jawa Timur. 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq memaparkan, penyelenggaraan acara akan mendorong kemajuan roda perekonomian. Para peserta jambore akan bersentuhan langsung menikmati setiap sudut-sudut Kota Batu. Menikmati sajian wisata dan panorama alam dan disapa sejuknya udara khas dataran tinggi. 

Terkait penghargaan yang diraih, Arief mengemukakan kalau selama ini Dinas Pariwisata Kota Batu mengusung konsen terhadap pengembangan potensi di tiap-tiap desa/kelurahan di Kota Batu. Potensi-potensi itu terus dieksplorasi hingga menjadi daya tarik suguhan desa wisata. Desa wisata menjadi prioritas pembangunan Kota Batu yang bermuara untuk terwujudnya visi 'Desa Berdaya, Kota Berjaya'.

Baca juga: Dispendukcapil Kota Batu Persiapkan Administrasi Menyongsong Pemekaran Wilayah

"Membangun dan menyejahterakan masyarakat desa sebagaimana visi Kota Batu," ujar Arief, Minggu (6/12/2020).

Tiga desa yang mendapatkan penghargaan adalah Desa Sumbergondo, Desa Punten, dan Desa Bumiaji. Ketiga desa ini berada di Kecamatan Bumiaji yang secara geografis memiliki daya tarik menampilkan panorama alamnya yang memukau.

"Luar biasa tiga desa Kota Batu menyabet penghargaan Dewi Cemara. Sementara kabupaten/kota lainnya masih satu," ucap Arief.

Mantan Kepala DLH Kota Batu ini berharap, tiga desa yang berada di Kecamatan Bumiaji itu bisa menjadi inspirasi bagi desa lainnya. Sehingga bisa mengukir prestasi yang sama melalui eksplorasi potensi-potensi di  masing-masing desa/kelurahan.

Baca juga: Pemkot Sosialisasikan UMK Kota Batu 2021, SPSI Kota Batu Ungkap Kekecewaan

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved