Breaking News:

Guberrnur Jatim, Khofifah Lepas Ekspor Lokomotif dan Kereta Penumpang Perdana ke Filipina

Pagi ini, Sabtu (12/12/2020), sebanyak tiga lokomotif dan 15 kereta penumpang buatan PT INKA (Persero) pagi ini dilepas Gubernur Jawa Timur Khofifah

(Surya/Fatimatuz zahroh)
Pagi ini, Sabtu (12/12/2020), sebanyak tiga lokomotif dan 15 kereta penumpang buatan PT INKA (Persero) pagi ini dilepas Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk diekspor ke Filipina. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA – Geliat ekspor Jawa Timur tak henti meski tengah diterpa pandemi virus Corona atau Covid-19. Pagi ini, Sabtu (12/12/2020), sebanyak tiga lokomotif dan 15 kereta penumpang buatan PT INKA (Persero) pagi ini dilepas Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk diekspor ke Filipina.

Pelepasan ekspor tersebut dilakukan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya bersama Dirut PT INKA (Persero) Budi Noviantoro, Irjen Kemenhub Gede Pasek serta Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi Dan Elektronika Kementerian Perindustrian Taufik Bawazir.

Gubernur Khofifah mengatakan bahwa ekspor ini mendongkrak ekonomi Jatim yang melemah di tengah pandemi. Lebih dari itu, kegiatan ekspor ini menambah kebanggan dan bukti bahwa produk dalam negeri memiliki kualitas yang baik dan diterima di kelas dunia.

Sebagaimana diketahui, sebelum dikirim ke Filipina, ekspor lokomotif dan kereta api ini sudah lebih dulu dilakukan ke Bangladesh. Hal ini menjadi bukti bahwa perusahaan dalam negeri bisa bersaing di pasar internasional mengalahkan negara negara lain seperti China maupun Jepang.

"Kita patut berbangga bahwa pada hari ini PT INKA mampu mengekspor ke Filipina. Diharapkan, succes storynya bisa diadposi oleh para UKM UKM untuk menyasar pasar ekspor," katanya kepada TribunJatim.com.

Ia mendorong agar ke depan pengembangan industri otomotif khususnya untuk perkeretaapian ini terus dibangun. Bahkan jika bisa pengembangan berikutnya turut melibatkan IKM di kawasan Jatim, khususnya untuk sub factori-nya. Misalnya dalam penggarapan sparepart atau bagian khusus lainnya.

Baca juga: Sinopsis Ikatan Cinta RCTI 12 Desember 2020: Elsa Peralat Mama Sarah, Reyna Minta Al Cium Pipi Andin

Baca juga: 5 Hari Terombang-Ambing di Laut, Nelayan Bawean Ditemukan Selamat di Perairan Tuban

Baca juga: Tiba di Jakarta, Pelatih Timnas U-19 Shin Tae-yong akan Langsung Pimpin Latihan Tim Garuda Muda

Selain itu pengembangan SDM juga bisa ditopang dari pengembangan Politeknik yang ada di Kabupaten Madiun. Dengan begitu seluruh program improvement bisa disupport oleh SDM dari dalam negeri khususnya dari Jawa Timur sendiri.

"SDM kita harus terus disiapkan guna menyambut pasar ekspor yang sudah ada di depan mata. Semoga seluruh program inovasi, kreatifitas dan improvement dari PT. INKA tetap bisa disuport SDM dalam negeri, khususnya karya anak bangsa dari Jawa Timur," tegasnya.

Khofifah sapaan akrabnya ini menilai, ekspor karya anak bangsa ini sejalan dengan semangat pemerintah yang menjadikan kecintaan terhadap produk dalam negeri sebagai bagian dari Bangga Buatan Indonesia.

"Ini akan menjadi penguatan dan memberikan semangat kepada Bangsa Indonesia ditengah Pandemi Covid-19 ini PT INKA terus produktif," terangnya.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved