Pilkada Serentak

Hasil Pilkada Tuban 2020, Pengamat Tanggapi Menangnya Lindra-Riyadi, Partai Solid dan Nama Besar Ibu

Pengamat Politik, Fauzin menanggapi kemenangan cabup-cawabup nomor urut 2, Aditya Halindra Faridzki-Riyadi, pada Pilkada Tuban berdasarkan

Penulis: M Sudarsono | Editor: Januar
TRIBUNJATIM.COM/M SUDARSONO
Calon Bupati Tuban nomor urut 2, Aditya Halindra Faridzki bersama ibunya Haeny Relawati Rini Widyastuti seusai mencoblos di TPS 9 Kelurahan Perbon, Tuban, Rabu (9/12/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Mochamad Sudarsono

TRIBUNJATIM.COM, TUBAN - Pengamat Politik, Fauzin menanggapi kemenangan cabup-cawabup nomor urut 2, Aditya Halindra Faridzki-Riyadi, pada Pilkada Tuban berdasarkan hasil hitung cepat.

Pria yang juga sebagai Dosen Universitas Trunojoyo itu menilai, kunci kemenangan ada pada kesolidan partai pengusung serta seluruh relawan.

Tak kalah penting, nama besar ibunda Aditya Halindra Faridzki yaitu Haeny Relawati Rini Widyastuti juga berpengaruh.

Nama mantan Bupati Tuban dua periode itu disebut masih sangat kuat di kalangan masyarakat.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Kota Malang Tembus 184 Kasus Dalam Lima Hari Terkahir

"Saya kira kunci kemenangan Lindra-Riyadi yaitu kesolidan partai pengusung dan nama Bu Haeny," kata Fauzin, Sabtu (12/12/2020).

Menurut dosen yang juga asli Tuban ini, kemenangan telak yang diraih oleh Lindra-Riyadi ini bisa jadi karena mesin partai politik paslon lain tidak berjalan maksimal.

Selain itu bisa juga masyarakat tuban tidak sejalan dengan pilihan partai politiknya, atau bahkan masyarakat tidak bisa didekte oleh partai politik untuk menentukan pilihan Bupati.

Untuk memuluskan langkahnya saat menjabat sebagai bupati nanti, Lindra juga harus merangkul DPRD yang menjadi mitra kerja.

"Ada semacam harapan masyarakat jika Lindra jadi minimal bisa meneruskan kepemimpinan bu Haeny saat menjabat bupati, atau bahkan menjadi lebih baik dari ibunya," pungkasnya.

Berdasarkan hasil hitung cepat yang dilakukan internal Partai Demokrat yang merupakan partai pengusung Lindra-Riyadi. Cabup-cawabup nomor 1, Khozanah Hidayati-Muhammad Anwar mendapatkan 24 persen, pasangan nomor 2 Aditya Halindra Faridzky-Riyadi meraih 60 persen.

Kemudian, pasangan nomor urut 3 Setiajit-Armaya Mangkunegara mendapat 16 persen.

Sekadar diketahui, paslon nomor 1, Khozanah Hidayati-Muhammad Anwar diusung PKB dengan perolehan 16 kursi, lalu NasDem dengan dua kursi dan Hanura satu kursi merapat sebagai partai pendukung. Kemudian Partai Gelora, Perindo dan PSI juga merapat.

Nomor 2, Aditya Halindra Faridzki-Riyadi sebagai Cabup-cawabup pada Pilkada Tuban, diusung Golkar, Demokrat dan PKS, dengan perolehan total 15 kursi.

Nomor 3, Setiajit-Armaya Mangkunegara (Setianegara, red) diusung PDI Perjuangan, Gerindra, PAN, PPP dan PBB dengan total 16 kursi parlemen.(nok)

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved