Breaking News:

Mojokerto Batik Festival 2020, Sajikan Karya Desainer Muda dan Lokal Batik Khas Kota Mojokerto

Pemkot Mojokerto berkolaborasi bersama perajin batik dan desainer muda menyuguhkan karya melalui Event bertajuk Mojokerto Batik Festival 2020.

Surya/Mohammad Romadoni
Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari meninjau persiapan karya-karya fashion original dari desainer lokal untuk Mojokerto Batik Festival 2020. 

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Pemkot Mojokerto berkolaborasi bersama perajin batik dan desainer muda menyuguhkan karya melalui Event bertajuk Mojokerto Batik Festival 2020.

Kegiatan Mojokerto Batik Festival 2020 ini bagian dari pariwisata berbasis event tahunan ini melibatkan 10 desainer lokal asli Kota Mojokerto.

Puncak pagelaran batik festival yaitu pameran karya-karya dari desainer lokal yang berkolaborasi bersama perajin batik bertempat di Grand Atrium Sunrise Mall, mulai pukul 19.00 sampai pukul 22.00 Wib, Sabtu (12/12/2020).

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari mengatakan Mojokerto Batik Tahun 2020 merupakan pagelaran batik yang kedua pada masa kepemimpinannya. Adapun tema Mojokerto Batik Festival ini bertajuk Mula yang berarti pertama.

"Tema Mula artinya pertama bahwa pagelaran ini pertama kali menghadirkan karya-karya original fashion berbahan batik dari desainer lokal dan batik asli dari Kota Mojokerto," ungkap Ning Ita di pendopo Rumah Rakyat kepada TribunJatim.com , Sabtu (12/12).

Ning Ita menuturkan pagelaran Mojokerto Batik Festival 2020 digelar dalam situasi Pandemi Covid-19 bukan menjadi penghalang masyarakat untuk terus berkarya. Apalagi, kegiatan ini merupakan bagian grand design untuk meningkatkan perekonomian daerah melalui ekonomi kreatif dalam mendorong masyarakat Kota Mojokerto dapat mandiri, berdaya saing, dan bermartabat.

"Sala satu upaya kami menstimulus, fasilitas dan memberikan ruang dalam kreatifitas para perajin batik yang berkolaborasi dengan desainer lokal," terangnya kepada TribunJatim.com .

Menurut dia, pagelaran Mojokerto Batik Festival 2020 bertujuan sebagai sarana publikasi dari pembatik-pembatik asli Kota Mojokerto yang telah bergeliat dari tahun ke tahun. Mereka semakin mentereng untuk menciptakan motif batik yang sudah dipatenkan.

Baca juga: Tangis Ibu Laskar FPI yang Tewas Terima Segepok Uang, Keluarga Korban Lain Ungkap Firasat, Dipeluk

Baca juga: Guberrnur Jatim, Khofifah Lepas Ekspor Lokomotif dan Kereta Penumpang Perdana ke Filipina

Baca juga: 5 Hari Terombang-Ambing di Laut, Nelayan Bawean Ditemukan Selamat di Perairan Tuban

Pemkot Mojokerto juga secara intensif melakukan pendampingan terhadap pembatik lokal yang merupakan aset daerah untuk mendapatkan SNI untuk produk batik tersebut.

Para pembatik juga diharapkan semakin kreatif dan produktif menciptakan motif batik mengangkat kearifan lokal dan potensi budaya warisan Mojopahit sehingga dapat dikembangkan dalam kreasi coretan indah pada kain batik.

"Para desainer malam ini akan menampilkan berbagai busana (Batik) mulai dari baju Casual, Ready To Wear dan Evening Gown. Saksikan puncak pagelaran Mojokerto Batik Festival dan tetap memperhatikan Prokes 3M, pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak," ucap Ning Ita.

Kepala Disperindag Kota Mojokerto, Ruby Hartoyo menjelaskan para desainer akan menampilkan berbagai busana yaitu baju Casual, Ready To Wear dan Evening Gown.

"Sepuluh desainer lokal akan memamerkan 50 baju design batik di atas Catwalk malam ini," paparnya.

Ditambahkannya, para desainer yang menampilkan karya original batik khas Kota Mojokerto yaitu, Saf Tuasikal, Reny Larasati, Frinsisca Cristy, Dedy Firmansyah, Lyna Destriana, Sothys Dwi B, Kiki Ika Susanti dan Ella Daniswara, Dessy Dhalia, Edy Susanto serta Danny DWA.

"Bahan batik yang dipakai desainer adalah batik asli Kota Mojokerto merupakan karya perajin Erna, Batik Bu Mis, Batik Bu Sofia, Batik Bu Dar dan Batik Bu Kunati," tandasnya. (Mohammad Romadoni/Tribunjatim.com)

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved