Breaking News:

Apotek Online Lifepack

Mengenal Obat Iodochlorohydroxyquinoline, Dosis, Efek Samping hingga Cara Konsumsi

Mengenal tentang obat Iodochlorohydroxyquinoline, mulsi dosis, efek samping hingga cara pemakaian.

Freepik by eddows-animator
Ilustrasi infeksi kulit 

TRIBUNJATIM.COM - Bagi sebagian besar orang, infeksi kulit merupakan sesuatu yang sangat tidak nyaman. Selain mengganggu kesehatan, infeksi kulit kerap dianggap mengganggu penampilan karena bisa dilihat secara langsung. Hal itu bisa mengganggu penglihatan orang lain di sekitar.

Infeksi kulit bisa disebabkan oleh berbagai hal. Namun, pada umumnya hal itu disebabkan oleh virus, bakteri, jamur dan parasit. Oleh karena itu, beberapa infeksi kulit kerap terjadi di lingkungan yang tidak bersih. Lingkungan kotor merupakan lokasi dimana terdapat banyak kuman penyakit penyebab penyakit kulit berada, sehingga Anda sangat disarankan untuk selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Jika pun Anda menderita infeksi kulit, Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter terutama jika infeksinya cukup parah. Jangan ceroboh menggunakan obat luar. Selain itu, karena infeksi kulit sangat mudah menular maka sebaiknya Anda berhati-hati dalam menggunakan barang pribadi. Hindari menggunakan barang yang dipakai bersama-sama, terutama barang yang memungkinkan kontak langsung dengan kulit seperti pakaian dan sepatu.

Informasi

Bagi infeksi yang disebabkan oleh jamur, Iodochlorohydroxyquinoline merupakan obat yang bisa digunakan untuk menyembuhkannya. Obat ini umum digunakan untuk mengatasi eksim, infeksi jamur, gatal akibat bercukur, kulit bersisik dan berketombe, bisul dan penyakit kaki atlet. Obat ini bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan jamur.

Obat ini termasuk dalam golongan obat keras sehingga Anda tidak bisa menggunakannya sembarangan. Karena obat ini ditujukan untuk penggunaan luar, Iodochlorohydroxyquinoline dibuat dalam kemasan salep atau tube yang mudah digunakan. Di pasaran obat jenis ini cukup mudah ditemukan dengan harga yang terjangkau. Iodochlorohydroxyquinoline biasanya dibandrol dengan harga sekitar Rp 20 ribu saja.

Walaupun terdengar sepele tapi penyakit kulit tidak bisa diobati secara sembarangan apalagi tanpa memeriksakan diri ke dokter. Jika Anda sembarangan menggunakan obat seperti ini hasilnya bisa membahayakan kesehatan karena obat ini termasuk obat keras. Sayangnya, obat ini kadang dapat dengan mudah dijumpai di platform-platform online dengan harga miring tanpa ada keterangan jelas sehingga berpotensi disalahgunakan. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu membeli obat di tempat-tempat yang terpercaya.

Dosis

Penggunaan obat ini cukup mudah. Anda hanya perlu mengaplikasikannya secara tipis dan menyeluruh pada bagian kulit yang terkena infeksi. Gunakan obat ini tiap 2-3 kali sehari selama sekitar 4 minggu atau sesuai dengan petunjuk dokter.

Selain itu, perhatikan juga pemakaian pada anak-anak. Saat ini belum ada penelitian lebih lanjut tentang keamanan Iodochlorohydroxyquinoline pada anak-anak sehingga sebaiknya hindari penggunaan obat ini atau konsultasi lebih dulu dengan dokter untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas.

Halaman
123
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved