Satreskrim Polresta Malang Kota Bekuk Tersangka Curanmor, Beraksi Mencuri Motor di Tiga TKP

Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Malang Kota menangkap dua tersangka pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Pipin Tri Anjani
TribunJatim.com/Kukuh Kurniawan
Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata saat menunjukkan dua tersangka curanmor beserta barang bukti. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Malang Kota menangkap dua tersangka pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Dari informasi yang diperoleh TribunJatim.com, kedua tersangka yang ditangkap adalah Zainul Ikhsan alias Joni (inisial ZI) (40), warga Desa Kemantren, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan dan Imam Muqsith (inisial AM) (31), warga Kelurahan Ngagelrejo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata mengatakan kedua tersangka beserta komplotannya telah melakukan pencurian kendaraan bermotor di tiga TKP.

"Yaitu pada hari Rabu (18/11/2020) di Jalan Gadang Terminal Gang I, lalu hari Selasa (21/11/2020) di Jalan Pulosari I RT 6 RW 7, dan pada hari Jumat (4/12/2020) di Jalan Gadang Gang VIII Kecamatan Sukun, Kota Malang," ujarnya kepada TribunJatim.com, Senin (14/12/2020).

Dalam aksinya tersangka beserta komplotannya berhasil mencuri sebanyak lima buah sepeda motor. Yaitu dua buah sepeda motor Honda  Vario dan tiga buah motor Honda Beat.

Dimana kedua tersangka melakukan aksi pencurian dengan dua rekannya yang lain dan saat ini telah menjadi DPO, yakni Nur dan Tole.

"Mereka berkumpul di rumah Nur, yang rumahnya tak jauh dari Jembatan Gadang. Dan peran keempat orang ini berbeda beda. Peran sebagai eksekutor yakni Joni dan Nur melakukan pencurian sepeda motor dengan menggunakan kunci T. Sedangkan tersangka AM dan Tole menunggu di gang, memantau kondisi sekitar," jelasnya.

Tersangka AM dan Tole berboncengan menggunakan sebuah sepeda motor Satria FU. Sementara Joni dan Nur berboncengan menggunakan sepeda motor Beat, lalu mereka bersama sama mencuri motor di wilayah sekitar Jalan Gadang, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Setelah berhasil mendapatkan sepeda motor hasil curian, barang bukti motor curian kemudian dibawa menuju ke sebuah pasar di Pasuruan untuk dijual.

"Sepeda motor curian dijual kepada penadah yang bernama Reza, yang saat ini juga telah ditetapkan menjadi DPO," tambahnya.

Dari hasil penyelidikan, pada Selasa (8/12/2020) sekitar pukul 15.00 WIB, polisi berhasil menangkap tersangka ZI alias Joni di warung angkringan di sekitar SPBU Terminal Arjosari.

Dan pada hari yang sama sekitar pukul 22.00 WIB, petugas berhasil menangkap teman Joni yakni tersangka AM yang kos di Jalan Gadang, Kelurahan Gadang, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Atas perbuatannya tersebut, tersangka AM dan ZI alias Joni dikenakan pasal 363 KUHP jo pasal 65 KUHP dengan ancaman sembilan tahun penjara.

"Tersangka inisial AM ini sendiri sebelumnya juga pernah ditahan atas kasus yang sama (pencurian) pada tahun 2015 di Rutan Medaeng. Dan saat ini kasusnya masih terus kami dalami, dan kami masih melakukan pengejaran kepada tersangka yang telah ditetapkan menjadi DPO tersebut," pungkasnya.

Editor: Pipin Tri Anjani

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved