Breaking News:

Transaksi Digital Makin Familiar, Indonesia Jadi Pasar Potensial Pengembangan Perbankan Digital

Indonesia merupakan pasar besar yang sangat potensial bagi pengembangan ekonomi digital, termasuk perbankan digital.

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Ilustrasi dompet digital 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Indonesia merupakan pasar besar yang sangat potensial bagi pengembangan ekonomi digital, termasuk perbankan digital.

Apalagi saat ini hampir semua transaksi keuangan di berbagai kota utama di Indonesia sudah banyak menggunakan platform digital seperti Gopay, Shopeepay, Dana dan juga OVO.

Hal itu diungkapkan Ekonom Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, Dr Ardito Bhinadi, MSi terkait meningkat transaksi  digitalisasi di Indonesia. 

Baca juga: Gubernur Jawa Timur Khofifah Dorong Penyandang Disabilitas Manfaatkan Ekonomi Digital

Baca juga: KoinWorks Catat Performa Positif UKM Digital E-commerce, Tumbuh Signifikan di Masa New Normal

Banyaknya alat pembayaran digital, untuk mendukung transaksi bisnis di perusahaan-perusahaan mulai level startup hingga decacorn, juga membuat masyarakat Indonesia makin familiar dengan sistem keuangan digital.

"Pengalaman transaksi secara digital yang telah dirasakan oleh masyarakat membuat layanan keuangan ini makin diminati," jelas Ardito, Selasa (15/12/2020).

Apalagi transaksi digital jauh lebih efisien dan bisa memenuhi kebutuhan konsumen secara lebih cepat

Menurut Ardito, demografi Indonesia yang semakin banyak penduduk usia milenial merupakan salah satu potensi pasar besar bagi layanan keuangan digital.

Oleh karena itu, kehadiran bank digital menjadi sangat strategis bagi penguatan ekonomi Indonesia. Melalui smartphone yang dimiliki, nasabah bank digital memperoleh layanan keuangan digital yang mudah, murah dan cepat.

Lebih lanjut Ardito mengungkapkan, dengan potensi pasar yang besar, Indonesia seharusnya memiliki banyak bank digital yang kuat mengingat pertumbuhan penduduk yang terus meningkat.

Selain itu Indonesia juga diproyeksikan sebagai salah satu negeri dengan ekonomi terbesar keempat di dunia pada 2030.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved