Breaking News:

Bisnis Kreatif Saat Pandemi Covid-19, Sulap Cangkang Telur Jadi Karya Lukis Bernilai Jutaan

Ditemui di rumahnya, warga Desa Tulungrejo, Kecamatan/Kabupaten Madiun ini menceritakan awal mula ia bisa membuat lukisan dari cangkang telur.

(Surya/Rahadian bagus)
Ervan asal madiun ini menunjukan cara melukis 

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Selama ini, cangkang atau kulit telur ayam hanya berakhir di tempat pembuangan sampah. Namun di tangan Ervan Dwi Susilo (24), cangkang telur disulap menjadi kerajinan lukisan yang bernilai hingga jutaan rupiah.

Ditemui di rumahnya, warga Desa Tulungrejo, Kecamatan/Kabupaten Madiun ini menceritakan awal mula ia bisa membuat lukisan dari cangkang atau kulit telur.

Ervan mengatakan, suatu hari ayahnya pulang membawa nasi kenduri berisi lauk telur rebus dari acara hajatan. Usai memakan telur rebus, tak sengaja, tangannya menindih cangkang telur, dan melihat pecahannya membentuk motif unik.

Kemudian, munculah ide untuk membuat kulit telur menjadi lukisan dengan media kayu triplek. Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Madiun ini, membuat karya lukisan kaligrafi sebagai karya pertamanya.

Ervan, kemudian mencoba membuat lukisan wajah tokoh nasional dengan tingkat kerumitan lebih tinggi. Di antaranya, BJ Habibie, Gus Dur, Jendral Sudirman, Ir. Soekarno, Cak Nun dan tokoh nasional lainnya.

Ia mengerjakan karya seninya, di galeri kecil di rumahnya yang ia beri nama Cethe 234. Ervan hanya menggunakan alat sederhana berupa lem kayu, triplek dan cat furniture untuk membuat lukisan.

"Awal-awal dulu saya buat kaligrafi, kemudian saya coba bikin lukisan tokoh. Kalau lukisan tokoh lebih rumit dan harus teliti karena detail wajahnya harus persis, jadi pengerjaan lebih lama," ujarnya kepada TribunJatim.com.

Pemuda yang berprofesi sebagai petugas cleaning service (CS) di kantor Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Madiun ini menjelaskan proses membuat lukisan dari cangkang telur.

Baca juga: Pengakuan Pria Viral yang Berenang Pakai Galon Demi Pulkam ke Malang, Kakak: Sering Kabur dari Rumah

Baca juga: Rakernas Pertama Perempuan Tani HKTI, Propinsi Jatim Raih Best Achievement

Baca juga: Sinopsis Ikatan Cinta 18 Desember: Al Sudah Cinta Andin? Papa Surya Marah Nino-Elsa Mau Adopsi Reyna

Pertama yang dilakukan, mencuci cangkang telur hingga bersih menggunakan sabun dan air. Setelah dicuci, selanjutnya cangkang telur dijemur hingga kering.

"Pertama kita bersihkan. Caranya gampang saja, hanya tinggal dicuci pakai sabun, dibilas air sampai bersih kemudian dijemur sampai kering," kata Ervan kepada TribunJatim.com.

Halaman
12
Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved