Breaking News:

Tunggu Arahan Pusat, Pemkab Banyuwangi Siap Realokasi APBD Dukung Vaksinasi Covid-19

Menyikapi arahan Presiden Joko Widodo terkait kebijakan vaksinasi Covid-19 gratis, Pemkab Banyuwangi langsung merespons positif.

Penulis: Haorrahman | Editor: Pipin Tri Anjani
SURYA/Haorrahman
Bupati Anas saat meninjau simulasi pelaksanaan vaksin Covid-19 di Puskesmas Sempu dan Puskesmas Tegalsari, Kamis (17/12/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Menyikapi arahan Presiden Joko Widodo terkait kebijakan vaksinasi Covid-19 gratis bagi seluruh warga Indonesia, Pemkab Banyuwangi langsung merespons positif.

Bupati Abdullah Azwar Anas menyatakan siap mengalokasikan anggaran dalam APBD 2021 untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Alokasi APBD bakal menjadi pendukung bagi dana dari APBN.

Hal itu diungkapkan Bupati Anas saat meninjau simulasi pelaksanaan vaksin covid-19 di Puskesmas Sempu dan Puskesmas Tegalsari, Kamis (17/12/2020).

“Kami siap melakukan refocusing anggaran terkait pelaksanaan vaksinasi. Mulai dari instrumen pendukungnya, atau bila memang diinstruksikan pusat untuk pengadaan vaksin. Sehingga masyarakat Banyuwangi bisa mendapatkan layanan vaksin Covid-19,” kata Anas.

Meski demikian, Anas menyatakan belum mengetahui seberapa besar realokasi akan dilakukan, karena hingga saat ini pemerintah daerah masih menunggu ketentuan teknis dari pemerintah pusat.

Baca juga: Polresta Malang Kota Akan Turunkan Tim Gabungan, Lakukan Pengecekan Kotak Amal di Berbagai Wilayah

Baca juga: VIRAL TERPOPULER: Suami Syok Jasad Istri Dijual hingga Cerita Siswi SMP Dihamili Pacar Temannya

“Prinsipnya daerah tentu siap melakukan realokasi APBD untuk mendukung program vaksinasi tersebut. Saat ini kami menunggu arahan lebih detil dari pemerintah pusat,” imbuh Anas.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo melalui akun You Tube Sekretariat Presiden, Rabu (16/12/2020), telah mengumumkan bahwa pelaksanaan vaksinasi corona untuk seluruh masyarakat adalah gratis alias tidak dipungut biaya.

Dalam video tersebut, Presiden Jokowi menginstruksikan kepada seluruh jajaran kabinet, kementerian dan pemerintah daerah untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021 mendatang.

Dalam kunjungan tersebut, Anas memastikan seluruh puskesmas telah menyiapkan petugas dan peralatan pendukung untuk pelaksanaan vaksin covid-19. Mulai dari petugas vaksinator, alur kerja pelaksanaan vaksin, hingga sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan vaksinasi.

Anas juga langsung memantau simulasi pelaksanaan vaksin. Bagaimana ruang tunggu pasien, lalu ada meja pendaftaran, terus pasien dilakukan screening kesehatan di meja kesehatan. Setelah lolos screening, mereka akan disuntikkan vaksin oleh petugas. Alur selanjutnya adalah warga yang divaksinasi akan menunggu di ruang observasi khusus untuk melihat reaksi yang timbul pada pasien setelah divaksin.  

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved