Breaking News:

Banyuwangi Kembali Raih Innovation Goverment Award 2020

Kabupaten Banyuwangi berhasil meraih Innovation Goverment Award 2020 sebagai Kabupaten Terinovatif di Indonesia

Penulis: Haorrahman
Editor: Yoni Iskandar
istimewa
Bupati banyuwangi saat menerima penghargaan Innovation Goverment Award 2020 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Kabupaten Banyuwangi berhasil meraih Innovation Goverment Award 2020 sebagai Kabupaten Terinovatif di Indonesia. Penghargaan ini telah diraih untuk ketiga kalinya secara berturut-turut sejak 2018 lalu.

“Alhamdulillah, kita patut bersyukur karena Banyuwangi kembali ditetapkan pemerintah pusat sebagai kabupaten paling inovatif. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Mendagri Tito Karnavian tadi malam (18/12/2020). Ini merupakan kado istimewa di hari jadi Banyuwangi ke 294 yang baru saja kita peringati kemarin,” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Sabtu (19/12/2020).

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan inovasi menjadi kunci daerah untuk mempercepat dan mengakselerasi pembangunan. Perkembangan Banyuwangi dalam kurun waktu 10 tahun terakhir tak lepas dari inovasi yang dikembangkan.

“Daerah punya keterbatasan dana, SDM, dan waktu. Maka harus berinovasi, bikin langkah percepatan melalui inovasi untuk mengejar ketertinggalan dan meningkatkan kualitas kinerja. Baik kinerja dalam pembangunan daerah dan pelayanan publik,’ ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kepada TribunJatim.com.

Anas melanjutkan, Inovasi dilakukan Banyuwangi di semua sektor, mulai pendidikan, kesehatan, sosial, isu lingkungan, pelayanan publik hingga tata kelola pemerintahan.

Baca juga: Lesty Rombak Penampilan Demi Gebetan? Rizky Billar Kini Sebut Makin Enak, Dukung Tiap Perubahan

Baca juga: Respons PSSI Terhadap Protes Persipura Jayapura Terkait Wakil Indonesia di AFC Cup 2021

Baca juga: Bupati Lumajang Umumkan Sembuh dari Paparan Covid-19

Ada lebih dari 350 inovasi yang dilakukan oleh semua elemen organisasi perangkat daerah (OPD) untuk percepatan dan peningkatan kualitas kinerja.

"Iklim inovasi terus dibangun secara bertahap di Banyuwangi. Kini antar dinas, antar desa, antar puskesmas saling memacu diri dan bersaing melakukan inovasi. Bersaing untuk mempercepat pelayanan ke masyarakat," imbuhnya kepada TribunJatim.com.

Sejumlah inovasi Banyuwangi misalnya, di bidang pendidikan ada Gerakan Daerah Angkat Anak Muda Putus Sekolah (Garda Ampuh), program Banyuwangi Mengajar, pemberian uang saku dan uang transportasi bagi pelajar dari keluarga kurang mampu.

"Kami juga punya inovasi siswa asuh sebaya (SAS) yang melibatkan partisipasi siswa dalam membantu rekannya yang tidak mampu. Inovasi ini salah satu yang mempercepat penanganan pendidikan di daerah," ujarnya.

Di bidang pelayanan publik, Banyuwangi telah mengembangkan program Smart Kampung yang mendorong pelayanan desa berbasis teknologi informasi (TI).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved