Breaking News:

BBKP Surabaya Konsisten Terapkan Progam Gratieks, Domba Milik KP-ICB Jatim Sukses Diekspor ke Brunei

Konsistensi penerapan progam Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks) yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian.

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Pipin Tri Anjani
TribunJatim.com/Fikri Firmansyah
Kepala Karantina Pertanian Surabaya, Musyaffak Fauzi (dua dari kanan) bersama Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa diacara pelepasan ekspor domba milik Koperasi Perternak Indonesia Cita Berdikari, Senin (21/12/20) di Cargo Bandara Juanda. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Konsistensi penerapan progam Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks) yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) benar-benar diimplementasikan..

Di Jatim melalui Balai Besar Karantina Pertanaian (BBKP) Surabaya, tepat hari ini, Senin (21/12/20) bertempat di Cargo Bandara Juanda, pihak Karantina Pertanian sukses melakukan ekspor domba keempatnya pada bulan yang sama ke Brunei Darussalam sebanyak 317 ekor.

Sebanyak 317 ekor Domba yang diekspor itu milik Koperasi Perternak Indonesia Cita Berdikari (KP-ICB) di Jatim.]

Kepala Karantina Pertanian Surabaya, Musyaffak Fauzi mengatakan dengan dengan telah dilepaskannya sebanyak 317 ekor domba tepat hari ini, maka tercatat selama bulan Desember ini total sudah ada sebanyak 1.301 ekor domba senilai 2,2 Miliar yang telah sukses dikirim untuk ekspor.

Baca juga: Antisipasi Penyebaran Covid 19, GKJW Kediri Imbau Jemaat Natalan di Rumah

Baca juga: Tambah 35 Kasus Baru, Angka Covid-19 di Tuban Capai 1416 Kasus

"Karena sebelumnya sudah dilakukan ekspor domba dibulan yang sama (Desember) yaitu tanggal 19 sekali, tanggal 20 dua kali dan yang keempat tepat hari ini tanggal 21," jelas Musyaffak kepada TribunJatim.com di Cargo Juanda (21/12/20).

Kata Musyaffak, dari jumlah yang diekspor itu berarti masih ada sebanyak 699 ekor domba lagi yang pastinya akan dilakukan ekspor juga dalam waktu dekat ini, mengingat memang total domba asal Jatim milik KP-ICB yang sudah terjadwal untuk ekspor ke Brunei ada sebanyak 2000 ekor dibulan Desember 2020 ini.

"Tentu sisanya dalam waktu dekat ini dan dibulan yang sama, karena yang kita terapkan sejalan dengan Kaementerian Pertanian yakni Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks)," ujarnya.

Musyaffak menambahkan, berdasarkan data otomasi perkarantinaan selama Tahun 2020 sendiri, untuk ekspor sektor pertanian Jawa Timur total senilai 39 Triliun Rupiah dan non pertanian ada sebanyak 48, 495 Ton senilai 13 Triliun.

"Sehingga total ekspor komoditas pertanian Tahun 2020 senilai 52 Triliun Rupiah," tandasnya.

Editor: Pipin Tri Anjani

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved