Breaking News:

Dinsos Batu akan Renovasi 164 Rumah pada 2021

Dinas Sosial Kota Batu menargetkan 164 rumah akan mendapatkan program bedah rumah pada 2021.

Dokumen Dinsos Surabaya
Petugas saat melakukan bedah rumah 

TRIBUNJATIM.COM, BATUDinas Sosial Kota Batu menargetkan 164 rumah akan mendapatkan program bedah rumah pada 2021. Jumlah itu meningkat dibanding dengan tahun 2020. Pada 2020, Dinas Sosial Kota Batu melakukan bedah rumah terhadap 160 rumah tidak layak huni (RTLH) di Kota Batu.

Kepala Dinas Sosial Kota Batu, Ririk Mashuri mengemukakan, program bedah rumah merupakan agenda rutin tahunan Dinsos Kota Batu. Anggaran yang dikucurkan untuk melaksanakan program bedah rumah bagi 160 RTLH pada 2020 sebesar Rp 4,8 miliar.

“Program bedah rumah tersebar di tiga kecamatan. Program baru dilaksanakan akhir tahun akibat pandemi Covid-19 yang terkena refocusing. Sehingga dalam PAK baru bisa dijalankan kembali,” ujarnya kepada TribunJatim.com.

160 unit RTLH tersebut terbagi di tiga kecamatan. Kecamatan Bumiaji sebanyak 59 rumah, Kecamatan Junrejo ada 39 penerima dan Kecamatan Batu mencapai 62 penerima. Anggaran untuk renovasi rumah dialokasikan Rp 30 juta.

“Untuk tahun ini bedah rumah lebih banyak dari tahun kemarin. Kami mencatat tahun kemarin Pemkot Batu melakukan perbaikan pada 100 unit rumah atau sekitar Rp 3 miliar. Dengan anggaran tiap rumah Rp 30 Juta. Untuk tahun ini lebih banyak dengan 160 unit RLTH,” bebernya kepada TribunJatim.com.

Ditambahkan oleh Ririk bagi masyarakat penerima program bedah rumah tidak bisa sembarangan. Ada persyaratan yang harus dipenuhi seperti status lahan milik pribadi dan merupakan warga Kota Batu.

“Syarat utama masyarakat pra sejahtera harus memiliki tanah pribadi. Kemudian rumah yang dihuni memang tidak layak huni. Program ini juga upaya untuk meningkatkan status Kota Tanpa Kumuh (Kotaku),” paparnya kepada TribunJatim.com.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Bekas Toyota Avanza Veloz Desember 2020, Paling Murah Rp 120 Juta Keluaran 2012

Baca juga: 20 Ucapan Tahun Baru 2021 dengan Kata-kata Menyentuh Hati, Harapan dan Doa untuk Orang Tersayang

Baca juga: Akhirnya Terjawab Hubungan Gading Marten & Karen Nisjen? Denny Darko Sebut Lumrah: Jauh dari Menikah

Wakil I DPRD Kota Batu Nurochman mengatakan, sebelumnya Pemkot Batu menyampaikan dalam APBD 2021, mayoritas tambahan anggaran mengakomodir program di SKPD yang bersentuhan langsung pada masyarakat.

“Kami ingin dalam APBD 2021 semua program yang diserap mampu memberikan efek positif dalam rangka menggerakan pembangunan daerah. Serta memberikan stimulus pertumbuhan ekonomi,” ujar Nurochman.

Ia menguraikan beberapa permintaan.eksekutif yang disetujui oleh DPRD Kota Batu seperti penambahan ruang kelas baru dan rehabilitasi gedung sekolah serta laboratorium oleh Dindik. Kemudian di Dinas Kesehatan penambahan pemenuhan premi PBID dalam rangka pencapaian UHC. Serta kegiatan vaksinasi dan pengadaan vaksin Covid-19.

“Ada juga Dinas Sosial untuk kegiatan bedah rumah tidak layak huni yang memang menyasar masyarakat secara langsung, pemberian insentif bagi lansia, penyandang disabilitas dan LVRI serta jaminan sosial berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) atau Jaminan Kematian (JKM) bagi warga kurang mampu yang sangat kita dukung,” bebernya.

Dengan program yang konkrit itu, nantinya Pemkot Batu akan bisa memastikan pertumbuhan ekonomi masyarakatnya yang ditarget 4,5 persen. Secara tak langsung akan mengentaskan kemiskinan atau masyarakat pra sejahtera di Kota Batu. (Benni Indo/Tribunjatim.com)

Penulis: Benni Indo
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved