Breaking News:

BI Jember Siapkan Uang Kartal Rp 2,3 Triliun di Libur Natal dan Tahun Baru 2021

Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Jember menyiapkan uang kartal sebesar Rp 2,3 triliun menjelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

KOMPAS.com/Totok Wijayanto
ILUSTRASI Uang: Pasokan uang tunai di Jember aman 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER- Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Jember menyiapkan uang kartal sebesar Rp 2,3 triliun menjelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Jumlah uang yang disiapkan tersebut lebih tinggi dibandingkan proyeksi yang dibutuhkan perbankan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila terjadi peningkatan volume transaksi uang tunai pada libur panjang Natal dan Tahun Baru.

Pihak KPw BI Jember memperkirakan kebutuhan masyarakat di wilayah kerja KPw BI Jember sebesar Rp 1,8 triliun menjelang libur panjang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Kebutuhan uang sebesar itu bagi masyarakat di lima kabupaten wilayah kerja KPw BI Jember yakni Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi, Jember, dan Lumajang.

Karena prediksi kebutuhan uang kartal masyarakat sebesar Rp 1,8 triliun, sehingga pihak KPw BI Jember menyediakan uang kartal sebesar Rp 2,3 triliun.

Baca juga: Pesan Bupati Malang Jelang Perayaan Natal, Minta Protokol Kesehatan Tetap Dipatuhi

Dari siaran pers yang dikirimkan pihak KPw BI Jember, kebutuhan masyarakat terhadap uang kartal mengalami penurunan sebesar Rp 425 miliar atau 22.8 persen jika dibandingkan tahun 2019.

"Hal ini dikarenakan meningkatnya pola belanja non tunai (lesscash) masyarakat selama masa pandemi Covid-19," ujar Kepala Perwakilan BI Jember Hestu Wibowo, Rabu (23/12/2020).

Sampai dengan 18 Desember 2020, jumlah penarikan uang kartal (uang kertas dan logam) dari KPw BI Jember (outflow) yang dilakukan oleh perbankan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, telah mencapai Rp 1 triliun.

Sementara itu jumlah uang masuk (inflow) dari perbankan ke KPw BI Jember hanya sebesar Rp 515 miliar, sehingga KPw BI Jember mengalami net outflow sebesar Rp 489 miliar.

Peningkatan outflow diperkirakan akan terjadi menjelang hari Natal dan akhir tahun, seperti periode tahun-tahun sebelumnya. Dengan tersedianya uang kartal melebihi kebutuhan, masyarakat tidak perlu khawatir akan ketersediaannya selama libur panjang periode dimaksud.

Dalam rangka mengantisipasi kebutuhan uang tunai dan kegiatan transaksi sistem pembayaran menjelang Natal dan akhir tahun 2020, KPw BI Jember telah melakukan persiapan dan koordinasi dengan KPw BI Provinsi Jawa Timur maupun seluruh perbankan, serta infrastruktur sistem pembayaran nontunai untuk memastikan kegiatan transaksi nontunai berjalan dengan lancar.

KPw BI Jember juga mengoptimalkan sistem pembayaran nontunai melalui Sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) dan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) guna memastikan terselenggaranya layanan sistem pembayaran secara aman, lancar dan efisien.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved