Breaking News:

Indahnya Toleransi di Madiun, Forum Perdamaian Bagi Masker dan Hand Sanitizer ke Umat Kristiani

Wujud toleransi antar umat beragama di Kota Madiun, terlihat jelas menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

TribunJatim.com/ Rahadian Bagus
Forum Perdamaian Madiun bagi masker ke Umat Kristiani 

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Wujud toleransi antar umat beragama di Kota Madiun, terlihat jelas menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru. 

Sejumlah, perempuan yang tergabung dalam wadah Forum Perdamaian Madiun, membagikan masker dan hand sanitizer kepada umat kristiani, Kamis (24/12/2020).

"Kami dari Forum Perdamaian Madiun, yaitu forum yang didirikan dari lintas iman, lintas suku, dan lintas agama. Tujuannya, kenapa memberikan masker, yaitu kami ingin saudara-saudara kami yang merayakan Natal tetap dalam keadaan sehat," kata koordinator Forum Perdamaian Madiun, Nur Laila Faristin, saat ditemui di GKI Madiun, Jalan  Barito no 91, Kota Madiun.

Ia berharap, kegiatan semacam ini juga akan menjadi triger, bahwa Indonesia adalah negara plural, terdiri dari berbagai agama, suku dan ras, sehingga tidak dibenarkan dikuasai oleh salah satu otoritas suku, agama, ataupun golongan.

Baca juga: Kota Malang Zona Merah Covid 19, PMI Kota Malang Lakukan Penyemprotan Disinfektan

"Harapannya, ini bisa menjadi simbol, masih banyak orang di Indonesia, ingin merasa aman nyaman dan tentram, sehingga itu menjadi sebuah kebersamaan, bahwa masih ada toleransi di masyarakat kita. Selama ini (perpecahan), itu hanya sebagian kecil dari masyarakat kita. Sebagian besar Masyarakat Indonesia menginginkan Indonesia yang aman nyaman, tentram, apalagi di tengah pandemi," jelasnya. 

Sementara itu, Pendeta Virgo, mengapresiasi kegiatan sosial yang dilakukan oleh Forum Perdamaian Madiun. Menurutnya, kegiatan semacam ini merupakan wujud nyata sebuah toleransi. 

"Kami sangat mengucap syukur atas apa yang dilakukan oleh teman-teman dari Forum Perdamaian Madiun, ini merupakan langkah nyata, sebuah kebaikan meski sederhana tetapi bisa berdampak besar di dalam kita menjaga kerukunan antar umat beragama, antar suku, antar budaya yang menjadi jati diri bangsa," kata Virgo. 

Ia berharap, kebaikan-kebaikan semacam ini akan  akan menyebar di lingkungan sekitar, kepada seluruh masyarakat Indonesia. Virgo mengatakan,  yang terpenting adalah bagaimana seluruh masyarakat agara berusaha  menjaga perdamaian dan kerukunan di Indonesia.

"Ini menjadi sebuah kepedulian nyata yang dilajukan teman-teman Forum Perdamaian Madiun, kepada umat Kristiani. Ini menjadi sebuah kado Natal yang istimewa bagi kami umat Kristiani yang merayakan Natal esok hari,"imbuhnya. (rbp)

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved