Jadi Plt Wali Kota Surabaya Setelah Risma Jadi Mensos, Begini Respon Whisnu Sakti Buana

Wakil Wali Kota Whisnu Sakti Buana mengaku bakal memaksimalkan tugas menjadi Plt Wali Kota Surabaya.

TribunJatim.com/Yusron Naufal Putra
Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana saat ditemui, Kamis (24/12/2020) petang. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Wakil Wali Kota Whisnu Sakti Buana mengaku bakal memaksimalkan tugas menjadi Plt Wali Kota Surabaya.

Whisnu menjadi Plt Wali Kota lantaran Risma dilantik menjadi Mensos RI di Kabinet Indonesia Maju

"Sebenarnya ini semua mendadak, surat Plt baru saya terima sore tadi dari Gubernur," kata Whisnu, Kamis (24/12/2020) petang. 

Lantaran baru mendapat amanah pelaksana tugas itu, Whisnu belum mau berbicara banyak mengenai langkah secara spesifik selama dua bulan ke depan. 

Namun, politisi yang akrab disapa WS itu mengatakan, rencananya dalam waktu dekat dia bakal melakukan rapat di internal di Pemkot. 

Baca juga: Gubernur Khofifah Perintahkan Whisnu Sakti Buana Jabat Plt Wali Kota Surabaya

Baca juga: Tri Rismaharini Resmi Dilantik Jadi Mensos, DPRD Tunggu Surat Pemberhentian Risma Sebagai Wali Kota

Secara umum WS menegaskan, bakal melaksanakan apa yang sudah menjadi kebijakan di Pemkot Surabaya. Roda pemerintahan harus terus berjalan untuk kepentingan warga. 

"Prinsipnya saya akan menjalankan apa yang sudah digariskan kebijakan Bu Risma ke depan sampai dua bulan masa aktif jabatan," terang politisi PDI Perjuangan tersebut. 

Dia mengaku, sejauh ini memang belum ada komunikasi khusus dengan Risma pasca WS diangkat menjadi Plt. Namun, WS mengaku bakal segera berkomunikasi dengan Risma

Seperti diberitakan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa resmi menunjuk Whisnu Sakti Buana sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Surabaya, Kamis (24/12/2020).

Saat ini surat perintah dan penunjukan Gubernur Khofifah pada Whisnu sudah diterima di Sekretariat Daerah Kota Surabaya.

Baca juga: Baru Ditunjuk Jokowi Jadi Menteri Sosial, Risma Langsung Bikin Janji, Beri Pesan ke Warga Surabaya

Dengan begitu, saat ini jabatan Wali Kota yang sebelumnya ditinggalkan Tri Rismaharini lantaran menjadi Mensos, telah terisi.

"Atas dasar radiogram Kemdagri no 131.35/7002/OTDA tertanggal 23 Desember 2020 ttd Dirjen Otda maka Gubernur Jawa Timur menerbitkan surat perintah tugas no 131/1143/011.2/2020 yang memerintahkan saudara Whisnu Sakti Buana ST Wakil Walikota Surabaya untuk melaksanakan tugas dan wewenang Wali Kota Surabaya," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi, siang.

Perintah tersebut ditegaskan Khofifah, telah sesuai dengan yang dimaksud dalam pasal 65 ayat 1 dan 2 UU no 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. 

Berlakunya perintah untuk Whisnu menjalankan tugas sebagai Plt Wali Kota Surabaya berlaku sejak terbitnya surat tugas sampai dilantiknya Walikota Surabaya yang definitif.

"Saat ini suratnya sudah diterima oleh Pemkot Surabaya. Kita semua berharap agar semua berjalan lancar, amin," tegas Khofifah.

Editor: Pipin Tri Anjani

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved