Breaking News:

Permudah Kelancaran Pengembalian Dana Taperum kepada PNS Pensiun, BP Tapera MoU dengan PT Taspen

Untuk mempermudah kelancaran pengembalian dana Taperum kepada PNS pensiun, BP Tapera teken MoU dengan PT Taspen.

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Mewakili BP Tapera, Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana Tapera, Eko Ariantoro (kiri) berfoto bersama setelah melakukan MoU dengan PT Taspen, 2020. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - BP Tapera menyatakan pihaknya akan terus berkomitmen untuk menjalankan program Tabungan Perumahan Rakyat awal 2021.

Pada tahap itu, komitmen yang dimaksud adalah terkait operasional program Tapera akan difokuskan pada layanan PNS yang sebelumnya menjadi peserta eks Bapertarum-PNS.

Hal itu dilaksanakan karena mengacu pada PP nomor 25 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat, yang telah disahkan pemerintah pada awal Juni 2020.

Sesuai PP tersebut, Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana Tapera, Eko Ariantoro mengatakan, layanan peserta PNS akan diawali dengan pengembalian dana Taperum kepada PNS pensiun yang belum dikembalikan haknya dan pengelolaan dana milik PNS aktif saldo awal dalam program Tapera.

Eko Ariantoro menjelaskan, berdasarkan data yang telah dialihkan pengelolaanya dari Bapertarum-PNS ke BP Tapera sejatinya pengembalian dana Taperum kepada PNS pensiun dan ahli warisnya akan dilakukan untuk PNS yang pensiun sejak Mei 2019 yang lalu.

"Namun, aktivitas pengembalian dana Taprum itu terhenti, karena menunggu proses pengalihan dana Taperum dari Tim Likuidasi kepada BP Tapera," ujar Eko Ariantoro, Rabu (23/12/2020).

Berkaca dari hal itu, serta sekaligus untuk memahami tingginya urgensi pengembalian dana tersebut kepada PNS pensiun, maka BP Tapera telah melakukan berbagai persiapan, baik secara internal maupun melalui kerja sama dengan mitra yang dapat membantu proses pengembalian dana Taperum PNS. Seperti satu di antaranya bersinergi dengan PT Taspen.

Baca juga: Roti Kapiten Tawarkan Bisnis Waralaba di Tengah Pandemi, Andalannya Paket Roti Kopi: Laris Peminat

"Pada 22 Desember 2020 kemarin, kami dan PT Taspen telah resmi melakukan penandatanganan kerja sama dalam hal pengembalian dana Taperum PNS pensiun," kata Eko Ariantoro.

Dengan menggandeng PT Taspen sebagai mitra dalam proses pengembalian dana Taperum kepada PNS pensiun, kata Eko Ariantoro, BP Tapera optimistis proses pengembalian Taperum kepada para pensiunan segera dapat direalisasikan.

Dikatakan Eko Ariantoro, nantinya dalam proses pengembalian Taperum kepada PNS pensiun, PT Taspen memiliki peran yang sangat penting dalam hal pengalaman dan jaringan yang selama ini telah dimiliki untuk melayani pembayaran uang pensiunan kepada para pensiunan PNS ataupun kepada ahli waris PNS pensiun.

“Saat ini prioritas kami adalah percepatan dan kemudahan bagi para PNS pensiun atau ahli waris PNS pensiun dalam menerima pengembalian dana Taperum. Untuk itu, dengan telah terjalinnya kerja sama yang dilakukan bersama PT Taspen, maka kini para pensiunan atau ahli waris pensiun tidak perlu datang untuk mengurus pengembalian ke Kantor Layanan BP Tapera, karena dana Taperum-PNS akan langsung diterima di rekening milik PNS pensiun," jelasnya.

Baca juga: Pertamina Hulu Rokan Bertekad Kuatkan Industri Minyak Nasional Di Usia Tahun Kedua

Adapun hingga saat ini, kata Eko Ariantoro, tercatat sekitar 600 ribu PNS pensiun eks peserta Bapertarum-PNS yang belum dikembalikan dana Taperum-PNS nya.

Eko Ariantoro menambahkan, meski dana peserta PNS pensiun akan dikembalikan melalui PT Taspen, namun, bagi pengembalian ahli waris PNS yang datanya sudah tidak tercatat pada PT Taspen akan dikembalikan melalui bank pelaksana.

"Dalam hal itu, yang kami maksud adalah setelah data ahli waris PNS pensiun tersebut dilakukan verifikasi dan validasi," tandasnya.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved