Breaking News:

Virus Corona di Mojokerto

Antisipasi Overload, 6 Puskesmas Sediakan Tempat Khusus Isolasi Pasien Covid-19

Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto memanfaatkan enam Puskesmas sebagai tempat isolasi khusus bagi pasien Covid-19 berstatus gejala OTG.

mohammad romadoni/surya
Puskesmas Jatirejo yang menyediakan pelayanan khusus ruangan isolasi pasien Covid-19 berstatus OTG. 

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto memanfaatkan enam Puskesmas sebagai tempat isolasi khusus bagi pasien Covid-19 berstatus gejala OTG.

Ini menyusul membludaknya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sehingga berdampak terhadap keterbatasan tempat isolasi pasien Covid-19 di Puskesmas Gondang.

Selain itu, pemanfaatan enam Puskesmas ini juga sekaligus untuk mengantisipasi Overload lantaran kondisi ruangan perawatan di RSUD Prof. Dr. Soekandar, Mojosari kini relatif penuh.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinkes Kabupaten Mojokerto, Eka Yuli Setiawan menjelaskan adapun enam puskesmas yang akan dipakai untuk menampung pasien Covid-19 tanpa gejala yaitu Puskesmas Gondang, Puskesmas Jatirejo, Puskesmas Puri, Kupang Kecamatan Jetis, Puskesmas Dawarblandong dan Puskesmas Gayaman di Kecamatan Mojoanyar.

”Ada enam puskesmas akan digunakan untuk ruang isolasi yang diperuntukkan bagi Orang Tanpa Gejala (OTG),” ungkapnya kepada TribunJatim.com, Selasa (29/12/2020).

Baca juga: Kapolda Jatim Turunkan Tim Khusus untuk Tracing & Testing Kerumunan di Pemakaman Habib Hasan Assegaf

Baca juga: Bupati Gresik Sambari Merasa Bugar Jalani Isolasi Mandiri di Rumah Sakit Surabaya

Baca juga: Kondisi Aa Gym yang Umumkan Positif Covid-19, Sempat Alami Demam dan Kelelahan, Minta Doa Kesembuhan

Menurut dia, kapasitas tempat tidur (TT) di setiap Puskesmas berbeda yang nantinya akan menyesuaikan kebutuhan dan kondisi di lapangan.

"Paling banyak 25 TT di Puskesmas Gondang, 18 TT Puskesmas Jatirejo, Puskesmas Dawarblandong 13 TT, Puskesmas Gayaman 10 TT dan Puskesmas Puri serta Puskesmas Kupang masing-masing 9 TT," ucap Eka Yuli kepada TribunJatim.com.

Dia mengatakan penambahan kapasitas TT agar dapat menampung pasien Covid-19 tanpa gejala jika yang bersangkutan tidak diterima di rumah sakit rujukan lantaran Overload.

Kondisi terkini ruangan isolasi yang disediakan di enam puskesmas tersebut semuanya telah terisi. Dia berharap Pemerintah Daerah dapat memfasilitasi dengan pembangunan tempat khusus isolasi pasien Covid-19 OTG.

"Sudah terisi di enam Puskesmas, mudah-mudahan ada rencana pembangunan rumah isolasi tambahan agar bisa dimanfaatkan untuk menampung pasien Covid-19 OTG,” tandasnya. (Mohammad Romadoni/Tribunjatim.com)

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved