Breaking News:

Angka Kriminalitas di Kota Batu Pada 2020 Meningkat, Begini Tanggapan Kepala Kejari Supriyanto

Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Batu beber angka kriminalitas meningkat pada 2020. Begini tanggapan Kepala Kejari Supriyanto.

SURYA/BENNI INDO
Kepala Kejaksaaan Negeri Batu, Supriyanto. 

TRIBUNJATIM.COM, BATUKejaksaan Negeri (Kejari) Kota Batu telah melakukan penyelidikan dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) atas empat kasus yang terjadi di Kota Batu sepanjang 2020.

Kepala Kejari Kota Batu, Supriyanto mengemukakan, selain empat perkara yang tengah diselidiki, Kejari Kota Batu telah memasuki tahap penyidikan terhadap satu kasus dugaan tipikor.

“Bidang pidsus telah melakukan penyelidikan dugaan tipikor sebanyak empat perkara, melakukan penyidikan dugaan tipikor sebanyak satu perkara terkait dugaan penyimpangan dalam pengadaan tanah untuk pembangunan SMAN 3 Batu,” ujar Supriyanto.

Baca juga: Nasib Malang Gadis 16 Tahun Dirudapaksa Bergilir oleh 8 Pria, Pelaku Ancam Bunuh Korban dengan Sajam

Baca juga: Niat Teddy Persoalkan Harta Lina Dikuak, Kuasa Hukum Soroti Sikap Diam-diam Teddy: Cek Barang Hilang

Kejari Batu juga melakukan upaya hukum Kasasi dan Peninjauan Kembali terhadap tiga perkara dan eksekusi terpidana korupsi sebanyak tiga perkara.

Sementara di bidang tindak pidana umum, Kejari Kota Batu telah menyelesaikan perkara dari Penyidik Polri maupun Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) sebanyak 181 perkara. Dari sejumlah itu,  yang didominasi adalah perkara narkoba yaitu sebanyak 77 perkara.

“Menduduki peringkat kedua adalah perkara pencurian sebanyak 28 perkara, penipuan 16 perkara, penggelapan 14 perkara, kekerasan terhadap anak (pelindungan anak) 11 perkara,” kata Supriyanto.

Baca juga: Pemkot Batu Tunggu Pusat Terkait Mutasi Covid-19, Terus Perketat Penerapan Protokol Keshatan

Baca juga: Selama 2020, Kejari Tulungagung Menangani Lima Perkara korupsi dan 448 Pidana Umum

Ada juga penanganan kasus perjudian sebanyak 5 perkara, penganiayaan 4 perkara, penadahan 4 perkara dan perkara perkara lainnya sebanyak 22 perkara. Bidang Pidum telah melakukan eksekusi sebanyak 156 perkara.

Supriyanto menjelaskan, perkara narkoba mendominasi angka kriminalitas di Kota Batu

Berdasarkan data yang ada, jika dibandingkan dengan 2019, maka pada 2020 ini angka kriminalitas mengalami peningkatan.

Pada 2019 ada sebanyak 147 perkara sedangkan di tahun 2020 sebanyak 181 perkara.

“Saya berharap agar ke depan angka kriminalitas semakin menurun dengan cara memberikan edukasi terkait masalah hukum melalui berbagai kegiatan. Kegiatan itu seperti penerangan hukum, penyuluhan hukum secara terpadu antar dan lintas lembaga. Hal itu agar kesadaran hukum masyarakat semakin meningkat sehingga tidak melakukan pelanggaran hukum,” tutupnya.

Penulis: Benni Indo

Editor: Heftys Suud

Penulis: Benni Indo
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved