Breaking News:

PTPN X Peroleh Sertifikat ISO 37001:2016 Tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X memperoleh Sertifikat ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP), jelang akhir tahun 2020.

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Direktur PTPN X, Aris Toharisman, dan SEVP Operation, Dimas Eko Prasetyo, serta SEVP Business Support, Septo Kustwitjahjono saat Kick Off Meeting komitmen Kebijakan Anti Penyuapan, 2020. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sri Handi Lestari

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Jelang akhir tahun 2020 lalu, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X memperoleh Sertifikat ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP).

Perolehan itu sebagai bukti komitmennya untuk menerapkan budaya anti suap dalam setiap proses bisnisnya.

Direktur PTPN X, Aris Toharisman, mengatakan, perolehan sertifikat diberikan tepatnya pada tanggal 28 Desember 2020.

"Hal itu setelah proses penerapan SMAP di PTPN X dimulai dengan komitmen kuat dari Manajemen Puncak yang dituangkan dalam Kebijakan Anti Penyuapan dan ditindaklanjuti dengan dilakukannya Kick Off Meeting pada 12 November lalu," kata Aris, Kamis (31/12/2020).

Implementasi ISO 37001:2016 di PTPN X mengartikan beberapa poin penting yaitu seluruh manajemen dan karyawan PTPN X berkomitmen secara konsisten untuk menciptakan lingkungan dan budaya anti penyuapan; menerapkan Sistem Manajemen Anti Penyuapan dalam upaya mencapai tujuan perusahaan; menyediakan kerangka kerja untuk menetapkan, mengkaji, dan mencapai sasaran anti penyuapan; serta memenuhi persyaratan Sistem Manajemen Anti Penyuapan.

Baca juga: Dengar Suara Gemuruh, Warga Kabupaten Kediri Ajak Anak Istri Keluar, Sekejap Longsor Timpa Rumahnya

Baca juga: Penerapan Jam Malam Jadi Upaya Putus Penyebaran Covid-19 di Sampang Berjalan hingga 8 Januari 2021

Selain itu, PTPN X juga mendorong peningkatan kepedulian terhadap tindakan anti penyuapan; secara berkala dan berkesinambungan menyempurnakan kebijakan, sasaran, dan perangkat Sistem Manajemen Anti Penyuapan; menjamin keberadaan wewenang dan kemandirian fungsi kepatuhan anti penyuapan; menerapkan sanksi dan konsekuensi bagi yang tidak mematuhi kebijakan anti penyuapan; serta menyediakan, mensosialisasikan, serta mengkomunikasikan kebijakan, sasaran, dan perangkat Sistem Manajemen Anti Penyuapan.

“Sembilan poin penting terkait penerapan ISO 37001:2016 tersebut akan secara konsisten dilakukan di lingkungan kerja PTPN X sebagai wujud bahwa kami bukan semata-mata mengejar sertifikatnya saja, melainkan fokus pada pengimplementasian Sistem Manajemen Anti Penyuapan,” ungkap Aris.

Ke depannya, penerapan ISO 37001:2016 akan menjadikan proses bisnis PTPN X berjalan lebih efektif dan efisien, di samping akan meningkatkan kepercayaan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder).

Editor: Dwi Prastika

Baca juga: Pertamina dan Pemda Sidoarjo Lakukan Tanam Pohon Bersama, Dukung Lingkungan dan Udara Lebih Baik

Baca juga: Gairahkan Pasar Properti di Tengah Pandemi, Intiland Luncurkan Klaster Baru di Graha Natura Surabaya

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved