Breaking News:

Penanganan Covid

Tentukan Jatah Vaksin Covid-19 Kabupaten/Kota, Pemprov Jatim Mendata SDM Kesehatan Penuhi Syarat

Untuk menentukan kuota vaksin Covid-19 per kabupaten/kota, Pemprov Jatim terus lakukan pendataan SDM kesehatan yang penuhi syarat.

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Dwi Prastika
TRIBUNJATIM.COM/FATIMATUZ ZAHROH
Kedatangan 77.760 dosis vaksin Covid-19 (virus Corona) di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Senin (4/1/2021). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fatimatuz Zahroh

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sebanyak 77.760 dosis vaksin Covid-19 (virus Corona) hingga kini masih disimpan di ruang dingin milik Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Vaksin tersebut masih akan terus disimpan hingga tiba saatnya izin dari pemerintah dan BPOM terkait Emergency Use Authorization diterbitkan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Herlin Ferliana mengatakan, saat ini jatah atau kuota vaksin di setiap kabupaten/kota di Jawa Timur masih terus diinventarisir. 

Data itu tengah dikumpulkan dari SDM kesehatan yang memenuhi syarat untuk divaksin. 

"Untuk tahap pertama ini yang akan diimunisasi adalah SDM kesehatan yang bekerja di fasilitas kesehatan dan Dinkes. Di Jatim data per tanggal 3 Januari 2021 pukul 23.59 WIB adalah 196.459 orang. Data itu diisi oleh faskes dalam Sistem Informasi SDM Kesehatan," kata Herlin Ferliana saat dikonfirmasi TribunJatim.com, Selasa (5/1/2021). 

Nantinya, vaksin yang akan dikirim adalah jumlah yang sesuai data yang masuk dan terverifikasi oleh sistem.

Baca juga: JADWAL Vaksinasi Covid-19 Mulai 22 Januari 2021, Simak Tahapan Penerima, Target 15 Bulan Selesai?

Baca juga: BREAKING NEWS - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa Dinyatakan Positif Covid-19

Sistem tersebut juga yang menentukan dan menyortir apakah yang bersangkutan memenuhi syarat atau tidak untuk diimunisasi. 

"Karena data tersebut secara otomatis masuk juga dalam P Care BPJS. Sehingga, sejak kemarin ada yang sudah terima SMS pemberitahuan imunisasi, ada yang belum," kata Herlin Ferliana

Secara sistem, alur pendataan bagi sasaran vaksin adalah, sistem data vaksinasi diperoleh secara top down melalui Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19. 

Baca juga: 77.760 Vaksin Covid-19 Tiba di Jatim, Khofifah Sebut Baru Cukup untuk 19,79 Persen SDM Kesehatan

Baca juga: Ibu di Ponorogo Selalu Nangis Saat Ditanya Bayi yang Dibunuh, Polisi Datangkan Psikolog Polda Jatim

Kemudian, sasaran vaksinasi akan menerima SMS blast, dan dikonfirmasi atau registrasi ulang sasaran. Termasuk memilih tempat dan jadwal layanan. Kemudian mereka akan mendapatkan tiket elektronik yang telah terverifikasi. 

"Karena data baru ditutup tadi malam, Sehingga sampai sekarang belum diketahui berapa yang memenuhi syarat imunisasi. Jadi belum bisa dipastikan berapa sasaran yang bisa diimunisasi per kabupaten/kota," tegas Herlin Ferliana

Editor: Dwi Prastika

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved