Breaking News:

Terapkan Aplikasi Daring Si-Prestasi, Upaya Dindik Nganjuk Kembangkan Pendidikan Dimasa Pandemi

Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk kembangkan aplikasi pembelajaran dalam jaringan (Daring) Si-Prestasi

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Ilustrasi siswa melaksanakan pembelajaran secara online. 

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk kembangkan aplikasi pembelajaran dalam jaringan (Daring) Si-Prestasi.

Dimana aplikasi e-Learning tersebut dimaksudkan untuk menunjang proses pembelajaran secara online supaya lebih terstruktur, menarik, dan interaktif di tengah Pandemi Covid-19.

Kepala Seksi Kurikulum Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Munawir menjelaskan, Si-Prestasi sengaja didesain sederhana dan mudah digunakan baik oleh guru maupun peserta didik. Bahkan, sekalipun bagi mereka yang belum terbiasa dengan aplikasi pembelajaran online bisa memanfaatkan aplikasi Si-Prestasi.

"Aplikasinya sengaja dibuat simple, dengan demikian bagi guru yang kurang familiar dengan aplikasi online akan bisa dengan mudah menggunakannya," kata Munawir, Rabu (6/1/2021).

Baca juga: Soal Penggeledahan KPK di Balaikota Among Tani Batu, Begini Respon Wali Kota

Dikatakan, Munawir, Aplikasi Si-Prestasi memiliki banyak menu yang memuat bahan pembelajaran sesuai dengan RPP pembelajaran dan fitur yang lengkap. Dimana beberapa fitur dalam aplikasi Si-Prestasi diantaranya unggah materi, ulangan, chatroom, rekap nilai, rekap absensi, data statistik pembelajaran serta beberapa fitur pendukung lainya.

"Dan aplikasi Si-Prestasi itupun sudah dilakukan proses uji coba atau review Si-Prestasi dengan melibatkan para guru, termasuk guru yang kurang familiar dengan teknologi," ucap Munawir.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaen Nganjuk, Samsul Huda mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk mengawal penerapan pembelajaran daring di Kabupaten Nganjuk baik dimasa pandemi covid-19 sekarang ini maupun nanti pasca pandemi. Dimana Meskipun aplikasi Si-Prestasi dibuat saat pandemi Covid-19, namun Dinas Pendidikan akan terus mendayagunakan aplikasi tersebut.

"Jadi aplikasi Si-Prestasi tidak hanya digunakan disaat pandemi sekarang ini saja, tapi akan digunakan berkelanjutan nantinya dalam pengembangan pendidikan secara digitalisasi di Kabupaten Nganjuk," tutur Samsul Huda. (aru/Achmad Amru Muiz) 

Penulis: Achmad Amru Muiz
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved