Breaking News:

Sempat Terhenti, Dream Tours and Travel Kembali Berangkatkan Jemaah Umrah di Masa Pandemi Covid-19

Sempat terhenti dua minggu, Dream Tours and Travel kembali memberangkatkan jemaah umrah ke tanah suci.

TRIBUNJATIM.COM/SRI HANDI LESTARI
Vice President Director PT Dream Tours and Travel, Muhammad Umar Bakadam, saat melepas jemaah umrah rombongan kedua saat pandemi Covid-19 di bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo, Sabtu (9/1/2021).  

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sri Handi Lestari

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Biro jasa perjalanan umrah dan haji, Dream Tours and Travel, kembali memberangkatkan jemaah umrah, Sabtu (9/1/2021).

Ada 138 jemaah yang berangkat dengan menggunakan maskapai penerbangan Lion Air Premium Airbus A-330-300 melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo.

Vice President Director PT Dream Tours and Travel, Muhammad Umar Bakadam, mengatakan, keberangkatan rombongan umrah ini merupakan yang kedua oleh bironya selama pandemi Covid-19 (virus Corona).

"Rombongan perdana kami sudah berangkat pada 15 Desember 2020 lalu. Sebenarnya ada rombongan lagi, sebelum tahun baru, tapi ditutup. Sehingga rombongan kedua ada sekarang ini sebagai rombongan pertama di tahun 2021," jelas Umar Bakadam, di sela pelepasan jemaah.

Diakui Umar pada minggu ketiga Desember 2020 lalu dan akhir tahun, Pemerintah Arab Saudi kembali menutup kedatangan jemaah umrah. Sehingga rombongan yang sudah siap berangkat menjadi mundur.

Baca juga: Berkah Keteguhan Bawa Alquran, Akbar Pemulung Viral Diajak Umrah & Jadi Anak Angkat Syekh Ali Jaber

"Dan sesuai ketentuan karena masih pandemi, kami melakukan beberapa aturan ketat. Mulai dari karantina, swab PCR untuk jemaah, dan penggunaan protokol kesehatan lainnya untuk mencegah penularan Covid-19," ungkap Umar.

Para jemaah yang berangkat, berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari Aceh, Medan, Surabaya, Mojokerto, dan kota lainnya yang menggunakan jasa Dream Tour.

Rombongan langsung menuju ke Jeddah dan akan mengikuti karantina dan pemeriksaan dulu. Setelah hasil aman, baru bisa dilanjutkan untuk melakukan ibadah umrah.

Baca juga: Pebisnis dan Investor Surabaya Bahas Peluang di Tengah Pandemi: Berkembang dengan Managemen Keuangan

"Aturan lainnya, usia jemaah maksimal 50 tahun. Kami harap dengan adanya vaksin dan lainnya, mulai tahun ini, umrah bisa dibuka secara reguler lagi," ungkap Umar.

Saat ini, jadwal berangkat umrah sudah satu kali seminggu. Rencananya pada 17 dan 25 Januari 2021 besok, rombongan akan kembali berangkat.

"Kami optimistis mulai Februari penerbangan umrah kembali normal dan kami bisa memberangkatkan jemaah umrah 3 kali dalam seminggu," ungkap Umar.

Baca juga: Bisnis Kreatif Saat Pandemi Covid-19, Sulap Cangkang Telur Jadi Karya Lukis Bernilai Jutaan

Jemaah mengaku bersyukur bisa berangkat.

"Alhamdulillah akhirnya bisa berangkat. Rencana awal berangkat dulu pada bulan Maulud 2020, tapi karena pandemi, jadi mundur sekarang," komentar Nur Suhud, yang berangkat umrah bersama istrinya.

Editor: Dwi Prastika

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved