Breaking News:

KPK Kembali Geledah Balaikota Among Tani, Ruang Wali Kota Batu Juga Digeledah

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih menggeledah Balaikota Among Tani Batu, Senin (11/1/2021).

Penulis: Benni Indo | Editor: Yoni Iskandar
SURYA/BENNI INDO
Petugas KPK keluar dari Balaikota Among Tani Batu dengan membawa koper, Senin (11/1/2021). 

TRIBUNJATIM.COM, BATUKomisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih menggeledah Balaikota Among Tani Batu, Senin (11/1/2021).

Penggeledahan pada awal pekan tersebut merupakan pekan kedua KPK berada di Kota Batu. Pekan lalu, KPK telah menggeledah tujuh ruang dinas dan ruang kerja Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko.

Pada awal pekan ini, KPK menggeledah Dinas Koperasi, UMK, dan Perdagangan serta Badan Keuangan Daerah. Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri mengemukakan, diamankan sejumlah dokumen dari kegiatan penggeledahan tersebut. Hanya saja, Fikri tidak menjelaskan rinci dokumen apa yang diamankan.

“Pada kegiatan penggeledahan tersebut diamankan sejumlah dokumen yang berhubungan dengan perkara. Berikutnya dokumen dimaksud akan segera dilakukan penyitaan,” ujarnya melalui pesan pendek, Senin (11/1/2021).

KPK menghabiskan waktu selama tiga jam terhitung sejak pukul 10.00 WIB hingga 13.00 WIB. Sedangkan di BKD, KPK mengakhiri penggeledahan pada pukul 14.40 WIB.

Baca juga: KPK Kembali ke Balaikota Among Tani Hari Ini, Total Sudah 9 Dinas Pemkot Batu yang Digeledah

Baca juga: Eris Mahasiswi Untag Buat Kelompok Belajar Ceria, Bantu Sekolah Daring Anak-anak Kutisari Selatan

Kepala BKD, M Chori enggan memberikan keterangan terkait jalannya pemeriksaan KPK. Ia menyampaikan permintaan maaf karena tak bisa memberikan jawaban atas sejumlah pertanyaan yang ditanyakan awak media.

"Mohon maaf untuk detailnya saya nggak bisa menyampaikan. Kan, dari KPK sana ada jubirnya. Biar jubirnya yang menjelaskan,” kata Chori kepada TribunJatim.com.

Para penyidik KPK membawa dua koper dokumen dari ruang BKD.

Sementara itu, Kepala Diskumdag, Eko Suhartono tidak berada di kantornya. Sekretaris Diskumdag, Kairo Latif Setiawan mengatakan tak ada satupun dokumen yang diangkut oleh tim penyidik KPK. Tim penyidik memasuki ruangan Diskumdag sekitar pukul 10.00 WIB.

Mereka berbincang menanyakan seputar dokumen menyangkut perizinan yang berada di bawah kendali Diskumdag.

"Mereka hanya memeriksa berkas di ruangan pejabat struktural. Tak ada dokumen yang dibawa. Intinya tanya-tanya seputar dokumen perizinan di Diskumdag," terang Latif.

Ada 30 penyidik (KPK) yang menggeledah Balaikota Among Tani Batu. Mereka datang dengan naik enam mobil. Hingga Senin sore, KPK telah menggeledah sembilan kantor dinas di Balaikota Among Tani. (Benni Indo/Tribunjatim.com)

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved