Breaking News:

Keluarga Dominasi Penyebaran Covid-19 di Surabaya, Isolasi Mandiri Dievaluasi 

Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya telah melakukan evaluasi. Sejumlah tempat selama ini ternyata menjadi titik penyebab dan penularan

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Januar Adi Sagita
TribunJatim.com/Yusron Naufal Putra
Irvan Widyanto 

Reporter Nuraini Faiq | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya telah melakukan evaluasi. Sejumlah tempat selama ini ternyata menjadi titik penyebab dan penularan corona. Yang berkontribusi besar penyebaran tetap keluarga. 

Satgas telah melakukan evaluasi PPKM dalam upaya menekan penyebaran dan penularan Covid-19. Dari 150 sampel kasus yang terkonfirmasi Corona di Surabaya, sebanyak 68 persen melaksanakan isolasi mandiri di rumah atau apartemen.

Sebanyak 25 persen melaksanakan isolasi di rumah sakit atau tempat yang disediakan oleh pemerintah dan swasta. Selebihnya sebanyak 7 persen memilih isolasi di tempat lainnya.

Menyikapi hal itu, Sekertaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya Irvan Widyanto menyebutkan perlu adanya evaluasi terkait dengan pelaksanaan isolasi mandiri di rumah. "Ini hasil evaluasi seluruh tim Satgas," katanya.

Baca juga: Tulungagung Mendapat 5.280 Dosis Vaksin Covid-19, Akan Disuntikan Awal Februari 2021

Perlu adanya evaluasi pelaksanan isolasi mandiri di rumah dikarenakan terdapat banyak kasus yang terjadi akibat kontak erat dari keluarga yang terkonfirmasi Covid-19.

Selain itu, perlunya penguatan Kampung Wani Jogo Suroboyo untuk memonitor warganya yang baru saja bepergian dari luar kota atau dari luar negeri.

Evaluasi lain adalah perlunya dilakukan penanganan cepat atau tracing untuk kontak erat pasien terkonfirmasi agar pemutusan mata rantai Covid-19 dapat terkendali.

Biro perjalanan dan pihak yang lain  harus melapor ke Satgas Covid-19 atas screening

dan pelaporan dari stasiun dan bandara.

Evaluasi lain adalah Melakukan pengawasan protokol kesehatan di perkantoran dan tempat kerja. (Faiq) 

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved