Bantu Korban Bencana, Kader PKS DPRD Jatim Rela Potong Gaji

Sejumlah kader PKS di DPRD Jawa Timur rela memotong gajinya. Ini untuk sumbangan dalam membantu sejumlah korban bencana alam di beberapa daerah di Jaw

bobby Koloway/surya
PKS Jawa Timur menyalurkan bantuan untuk ara korban terdampak bencana alam di Jember. 

Reporter : Bobby Koloway  | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sejumlah kader PKS di DPRD Jawa Timur rela memotong gajinya. Ini untuk sumbangan dalam membantu sejumlah korban bencana alam di beberapa daerah di Jawa Timur.

Di antaranya, bagi korban banjir di Pamekasan, Pasuruan, dan Jember, serta letusan gunung Semeru Lumajang. Pemotongan gaji ini sekaligus menjadi bagian dari perhatian jajaran pengurus DPW PKS Jatim.

Politisi PKS yang juga Ketua Fraksi Keadilan Bintang Nurani DPRD Jatim Dwi Hari Cahyono mengungkap bahwa kepedulian menjadi gaya hidup kader PKS. Baik yang di eksekutif maupun di legislatif.

Sekalipun, daerah yang mendapatkan bencana bukan berasal dari daerah pemilihannya. "Hakikatnya, semua berlomba untuk memberi pelayanan dan berbagi dengan masyarakat," kata Dwi Hari melalui keterangan tertulis yang diterima Surya.co.id, Sabtu (23/1/2021).

Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan memberikan apresiasi.

Baca juga: MUNCUL Bukti Varian Baru Virus Corona Lebih Mematikan, PM Inggris Sebut Menyebar Lebih Cepat: Kuat

Baca juga: Avanza Hilang Diparkir di Lahan Kosong Jalan Bibis Karah Surabaya, Pencarian Terkendala Tak Ada CCTV

Baca juga: Rusak Gembok Pagar, Motor Pentolan FPI Gresik Raib Digondol Maling

“Ini respon dari kader yang tanggap dengan bencana yang ada di daerahnya," kata Irwan dikonfirmasi terpisah.

Ia memastikan seluruh anggota PKS yang menjadi anggota DPRD Jatim dan DPRD kabupaten/kota se-Jawa Timur menjalankan instruksi membantu korban bencana alam. "PKS selalu berusaha berada di garda depan dalam aktifitas sosial," kata mantan Anggota DPRD Jatim ini.

"Dimana ada daerah terdampak, maka bisa dipastikan disitu kader dan relawan PKS turun ke lapangan untuk membantu meringankan beban. Ini bagian dari komitmen kami untuk melayani rakyat,” tegasnya kepada TribunJatim.com.

Sebelumnya, para kader PKS juga telah terjun langsung bersama pemerintah dalam memberikan bantuan. Di antaranya, dengan menyalurkan makanan siap saji hingga alat penerangan.

Seperti yang dilakukan Artono, anggota DPRD Jatim dari PKS yang dengan telah mengirimkan bantuan pada korban banjir Jember. Artono bahkan mempersilakan para relawan bencana memakai mobil pribadinya untuk mengirimkan bantuan logistik ke daerah bencana.

Terkait dengan kebijakan pemotongan gaji, Artono mengaku hal itu sudah biasa dilakukan anggota dewan PKS. "Jadi kalau partai mengintruksikan apa saja, ya kita ikut. Termasuk kalau ada instruksi potong gaji, kita juga ngikut perintah. Wis biasa, nggak ada yang aneh,” ujarnya.

Pemotongan gaji untuk kepentingan sosial memang bukan kali pertama dilakukan PKS. Pada 2020 lalu, Anggota DPRD dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sepakat memotong gajinya pada masa darurat wabah covid-19 (Corona).

Di DPRD Jatim, PKS memiliki empat orang kader, yakni Dwi Hari Cahyono, Riyadh Rosyadi, Artono, dan Lilik Hendarwati. Keempatnya berada di Fraksi Keadilan Bintang Nurani.

Selain di daerah, Anggota Fraksi PKS di DPR RI juga melakukan potong gaji. Hal ini juga untuk membantu meringankan korban bencana alam di Indonesia.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved