Breaking News:

1.000 Vaksin Covid-19 Sinovac Tahap Pertama Tiba di Dinkes Kota Mojokerto

Vaksin Covid-19 Sinovac tahap pertama tiba di Kantor Dinas Kesehatan Kota Mojokerto, Senin (25/1/2021) sore.

mohammad romadoni/surya
Seorang pegawai KOta Mojokerto memindahkan vaksin Covid-19 Sinovac 

Reporter : Mohammad Romadoni | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Vaksin Covid-19 Sinovac tahap pertama tiba di Kantor Dinas Kesehatan Kota Mojokerto, Senin (25/1/2021) sore.

Vaksin Sars-CoV-2 Vaccine (Vero Cell) Innactivated Sinovac tersebut adalah kiriman dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Distribusi vaksin Covid-19 dari diangkut menggunakan mobil pikap boks bertuliskan Biorfarma dari Kota Surabaya yang dikawal ketat oleh mobil taktis Baracuda bersama Patwal dari Polda Jatim dan Polres Mojokerto Kota.

Sejumlah polisi bersenjata lengkap turut mengawal mulai dari Vaksin Sinovac diturunkan dari dalam mobil pikap box hingga dipindahkan dalam tempat penyimpanan wadah khusus Cool Storage berwarna putih di ruangan Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinkes Kota Mojokerto. Vaksin Covid-19 Sinovac itu berbentuk kemasan dus kotak.

"Sebanyak 1.000 Vaksin Covid-19 (Sinovac Red) tahap pertama tiba di Dinas Kesehatan Kota Mojokerto sekitar pukul 16.30 WIB," ungkap Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kota Mojokerto, dr. Farida Mariana,Senin (25/1/2021).

Baca juga: Warga Surabaya Gagal Nikmati 8 Suroboyo Bus Baru

Baca juga: 1280 Vaksin Covid-19 Tiba di Puskesmas Batu, Rencananya Vaksinasi Dimulai Kamis 28 Januari 2021

Baca juga: Terlilit Utang, Warga Sidoarjo Gelapkan 4 Mobil Rental, Kini Meringkuk di Tahanan

Farida mengatakan vaksin Covid-19 ini akan disimpan terlebih dahulu sebelum didistribusikan di sejumlah Faskes yang sudah ditunjuk Pemerintah Daerah, meliputi enam rumah sakit, enam puskesmas, dokter praktik lima orang dan sisinya klinik yang siap menjadi vaksinasinator penyuntikan vaksin Covid-19.

Dia memastikan keamanan penyimpanan vaksin Covid-19 di dalam Cool Storage yang berada di ruangan P2P tersebut.

"Rencananya, vaksin Covid-19 ini akan langsung kita distribusikan ke sejumlah Faskes di Kota Mojokerto,pada Rabu pekan ini dan setelah habis nanti kita minta lagi 1.000 vaksin ke Dinas Kesehatan Pemprov Jatim," terangnya kepada TribunJatim.com.

Adapun prioritas penerima vaksin Covid-19 pertama di Kota Mojokerto yaitu 10 tokoh yang sudah melakukan skrining dan kemudian dilakukan secara serentak oleh seluruh Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kota Onde-onde ini.

"Pendistribusian Vaksin Covid-19 di sejumlah Faskes akan dibagi sesuai kebutuhan e-ticket penerima vaksin yang diprioritaskan untuk tenaga kesehatan," ucap Farida didampingi Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Kabag Prokopim) Hatta Amarulloh.

Penerima vaksin Covid-19 pertama adalah pejabat Forkopimda dan 3.223 Nakes yang meliputi dokter, perawat, asosiasi profesi kesehatan serta seluruh pegawai Fasilitas Kesehatan (Faskes) di Kota Mojokerto.

Rencananya, vaksinasi terhadap penerima vaksin Covid-19 Sinovac pertama akan dilakukan pada Kamis (28/1/2021).

"Data sementara sebanyak 2.639 orang yang sudah menerima e-ticket vaksin Covid-19," tandasnya kepada TribunJatim.com.

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved