Breaking News:

Dishub Batu akan Bangun Gedung Parkiran Dekat Alun-alun Kota Batu

Dishub Kota Batu bakal membangun gedung parkir di sekitar Alun-alun Batu. Tempat parkir itu rencananya akan ditempatkan di salah satu aset Pemkot

SURYA/SANY EKA
Alun-alun Kota Batu, Selasa (19/2/2019). 

Reporter : Benni Indo | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, BATU - Dishub Kota Batu bakal membangun gedung parkir di sekitar Alun-alun Batu. Tempat parkir itu rencananya akan ditempatkan di salah satu aset lahan milik Pemkot Batu di Jalan Kartini.

Penataan tempat parkir ini untuk meminimalisir timbulnya kemacetan yang menganggu arus lalu lintas di sekitar lokasi. Kawasan Alun-alun Kota Batu selalu dipadati kendaraan wisatawan. Apalagi saat musim liburan.

Kepala Dishub Kota Batu, Imam Suryono mengatakan gedung parkir rencananya akan dibangun di lahan milik Pemkot Batu seluas 3000 meter persegi. Gedung akan dibangun vertikal setinggi tiga lantai.

"Lantai satu dan dua untuk parkir roda empat dan parkir tiga diperuntukkan roda dua," kata Imam, Senin (25/1/2021).

Pihaknya telah menganggarkan Rp 100 juta untuk kajian pembangunan gedung parkir sekitar. Pengerjaan direncanakan dapat dilaksanakan pada 2022. Dishub masih belum memperhitungkan anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan.

"Belum tahu masih menunggu hasil kajian dan perencanaannya. Kira-kira, nantinya gedung parkir itu dapat menampung 1000 kendaraan setiap harinya," ujar Imam.

Baca juga: Diparkir di Lahan Kosong, Bus Rp 1,7 Miliar Milik Warga Candi Sidoarjo Raib Digondol Maling

Baca juga: Hasil CCTV Rumah Dibobol Maling Buat Syok Pemilik & Polisi, Sosok Pelaku Tak Biasa: Dikenal 1 Negara

Baca juga: Olah Kulit Pisang Jadi Kerupuk, Wanita di Lumajang ini Kewalahan Layani Orderan Anak Jokowi

Menurutnya pembangunan gedung parkir sangat penting dilakukan. Imam menerangkan, perlunya tahapan sosialisasi dan koordinasi lebih lanjut dengan masyarakat. Terutama para pedagang kaki lima yang ada menempati kawasan sekitar.

Dia juga berharap ketika gedung parkir terbangun dapat mendongkrak PAD Kota Batu terutama di sektor retribusi parkir. Mengingat Kota Batu merupakan kota pariwisata sehingga pariwisata bisa terjadi perputaran ekonomi yang menggeliat.

"Saat ini di Kota Batu ada sekitar 130 titik kantong parkir, semoga adanya gedung parkir nanti tambah meningkatkan PAD Kota Batu," katanya kepada TribunJatim.com.

Dia juga berpesan kepada juru parkir di alun-alun untuk tidak merasa khawatir adanya rencana pemerintah itu. Pihaknya akan tetap menggunakan jasa jukir di alun-alun dan sekitarnya untuk mengkoordinir parkir di gedung parkir. (Benni Indo)

Penulis: Benni Indo
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved