Breaking News:

DPRD Gresik Bersinergi dengan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih, Selaraskan Program di RPJMD

Ketua DPRD Gresik, Abdul Qodir mendukung program Bupati dan Wakil Bupati Gresik terpilih, Fandi Akhmad Yani dan Aminatun Habibah yang telah ditetapkan

Penulis: Willy Abraham | Editor: Yoni Iskandar
TRIBUNJATIM.COM/WILLY ABRAHAM
KPU tetapkan Fandi Akhmad Yani dan Aminatun Habibah sebagai Bupati dan Wakil Bupati Gresik terpilih, 2021. 

Reporter : Willy abraham | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Ketua DPRD Gresik, Abdul Qodir mendukung program Bupati dan Wakil Bupati Gresik terpilih, Fandi Akhmad Yani dan Aminatun Habibah yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Jumat (15/1/2021) kemarin.

Organisasi perangkat daerah (OPD) diminta segera menyelaraskan visi-misi yang diusung menjelang pembahasan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2021-2026.

"Kami siap bersinergi dengan bupati serta wakil bupati terpilih sekaligus mengawal visi dan misi program Pemerintahan Gresik baru. Semua OPD segera menyelaraskan program-program yang memuat visi-misi bupati dan wakil bupati terpilih Fandi Akhmad Yani - Aminatun Habibah sebelum pembahasan RPJMD 2021-2026," terangnya didampingi Wakil Ketua DPRD Gresik, Ahmad Nurhamim dan Mujid Riduan, Senin (25/1/2021).

Ada beberapa variabel krusial khususnya berkaitan dengan program pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19, dan pengendalian banjir Kali Lamong. Karena bersentuhan dengan keberlangsungan hajat hidup masyarakat Gresik secara menyeluruh. Selain upaya menurunkan kasus Covid-19 di Gresik karena berdampak pada sektor ekonomi di daerah.

Baca juga: Jadi Wakil Bupati Gresik Perempuan Pertama, Bu Min Akan Segera Perbaiki Data Masyarakat Kurang Mampu

Baca juga: Khabib Nurmagomedov Pilih Banting Setir Jadi Pesepak Bola Ketimbang Comeback ke UFC

Baca juga: Mediasi Ambil Paksa Jenazah Covid-19 RSI Garam Kalianget, Lokasi Keluarga Disemprot Disinfektan

Politisi PKB tersebut mengimplementasikan antara lain program padat karya, pemberdayaan UMKM. Adanya program itu dapat membantu masyarakat yang kehilangan pekerjaan saat masa pandemi Covid-19.

Sementara persoalan banjir Kali Lamong yang menjadi bencana setiap tahun di Gresik selatan belum menemukan titik temu penyelesaiannya. Hal ini karena kewenangan tidak hanya di pemerintahan daerah saja. Tapi juga keterbatasan anggaran.

Wakil Ketua DPRD Ahmad Nurhamim menambahkan untuk menangani Kali Lamong kebijakan pemerintah dan legilasi harus jelas. Pendekatan kelembagaan perlu dilakukan dengan fokus pada pemanfaatan bantaran sungai, proses pembebasan lahan, penganggaran pembangunan, dan kewenangan masing-masing lembaga.

"Karena penanganan banjir Kali Lamong tidak hanya dilakukan satu lembaga. Ini karena keterbatasan pemerintah daerah hanya bertindak dalam satu aturan saja. Semua itu harus didukung semua pihak supaya kejelasan tujuan bisa diwujudkan," terangnya.

DPRD Gresik meminta organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Gresik melakukan langkah konkret, dan terus mengawal program pemulihan ekonomi serta pengendalian banjir Kali Lamong.

Sementara dalam penyusunan kinerja keuangan pada RPJMD 2021-2026, DPRD Gresik akan memberikan masukan kepada Bupati terpilih agar dalam penentuan proyeksi keuangan benar-benar dilakukan dengan cermat, dan tepat.

"Sehingga, kekuatan keuangan APBD dari tahun 2021-2026 capaiannya tepat, " tegas politisi Golkar ini kepada TribunJatim.com.

Kinerja keuangan pada RPJMD hingga tahun 2021 tak bisa tercapai hingga Rp 4,044 triliun. Hanya tercapai di angka 3, 4 triliun dengan adanya berbagai faktor di antaranya pandemi Covid-19.

"DPRD sudah maksimal mendorong agar APBD 2021 mencapai Rp 4 triliun, tapi tak tercapai karena kondisi diantaranya faktor pandemi covid-19," tuturnya.

Saat ini, tahapan pembahasan RPJMD 2021-2026 sudah dimulai dengan musyawarah rencana pembangunan desa (Musrenbangdes) yang dimulai Senin (25/1/2021). Kemudian, akan dilanjutkan dengan Musrenbangcam setelah itu Musrenbang Kabupaten.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved