Breaking News:

Rajin Bayar Iuran, Pedagang Bakpau di Malang ini Rasakan Manfaat Daftarkan JKN-KIS Keluarganya

Rutin membayar iuran, pedagang bakpau di Malang ini bersyukur bisa rasakan manfaat mendaftarkan JKN-KIS untuk keluarganya.

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Khusnul Khotimah (28), pedagang bakpau di Malang menunjukkan kartu JKN-KIS miliknya, Selasa (5/1/2021). 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Di tengah pandemi Covid-19 (virus Corona) yang sedang melanda negeri ini, masyarakat pun terdampak goncangan di sektor ekonomi.

Tak sedikit dunia usaha gulung tikar disebabkan oleh menurunnya daya beli masyarakat saat masa pandemi ini.

Di titik ini, bagi sebagian masyarakat, memiliki jaminan kesehatan merupakan hal yang sangat wajib. Karena saat musibah sakit terjadi, ada jaminan kesehatan yang bisa meng-cover sehingga tak mempengaruhi ekonomi keluarga.

Khusnul Khotimah (28), yang sehari-hari berdagang bakpau bersama suaminya di Malang bercerita, sejak pandemi Covid-19, hasil penjualannya menurun.

Baca juga: Cara Mudah Pindah Faskes BPJS Kesehatan secara Online, Unduh Aplikasi JKN di Playstore atau Appstore

Namun hal ini tak menghalanginya dan sang suami untuk tetap berdagang setiap hari. Jika pagi hari ia bekerja di rumah makan, menjelang malam ia membantu suaminya berdagang bakpau.

Khusnul mengatakan, meskipun ia merupakan masyarakat kecil, namun ia sadar akan pentingnya JKN-KIS bagi perlindungan kesehatan keluarganya. Apalagi saat masa sulit seperti ini, jangan sampai karena sakit keuangan keluarga menjadi terganggu.

"Dari dulu saya sudah daftar JKN-KIS, sekarang ini terasa manfaatnya jadi lebih tenang saat pandemi seperti ini,’’ kata Khusnul, Selasa (5/1/2021).

Hingga saat ini, Khusnul selalu rutin membayarkan iuran JKN-KIS.

Meskipun saat ini merupakan masa-masa sulit perekonomian, namun ia bertekad akan tetap menyisihkan sebagian dari hasil penjualannya untuk membayar iuran. Ia membayangkan di luar sana banyak yang memanfaatkan iuran tersebut untuk membiayai biaya pelayanan kesehatan.

Baca juga: Tekankan AKHLAK, Klinik Pratama Nusa Medika Modjopanggoong Beri Pelayanan Terbaik Peserta JKN-KIS

“Alhamdulilah sampai saat ini saya rutin bayar iuran JKN-KIS, tiap bulan kami sisihkan dari hasil penjualan untuk bayar iuran,” jelasnya.

Selain itu, Khusnul merasa sangat bersyukur menjadi peserta JKN-KIS, karena dapat selalu memeriksakan kondisi kesehatannya saat pandemi seperti ini.

Ia mengaku rutin memeriksakan kondisi kesehatan seluruh keluarganya ke Puskemas.

Sejak adanya kasus Covid-19, ketika ia merasa ada yang tidak nyaman dalam tubuhnya ia segera memeriksakan ke Puskemsas. Di sana dengan membawa kartu JKN-KIS sudah mendapat pelayanan yang sangat baik.

“Saya sering periksa ke Puskesmas. Terutama di masa pendemi seperti ini, saya kira kita harus lebih peka dengan penyakit yang mirip dengan gejala Covid-19 agar kita dan keluarga di rumah senantiasa sehat dan terhindar dari virus ini,” tutur Khusnul.

Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved