Breaking News:

Vaksin Tiba di Banyuwangi, Vaksinasi Dimulai Kamis 28 Januari 2021

Pemkab Banyuwangi telah menerima vaksin Covid-19. Vaksin Sinovac tiba di Dinas Kesehatan sekitar pukul 18.00 WIB, Selasa (26/1/2021).

Penulis: Haorrahman
Editor: Januar Adi Sagita
Kompas.com
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 

Reporter: Haorrahman | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Pemkab Banyuwangi telah menerima vaksin Covid-19. Vaksin Sinovac tiba di Dinas Kesehatan sekitar pukul 18.00 WIB, Selasa (26/1/2021). Saat ini, vaksin tersebut berada di kamar penyimpanan vaksin milik Dinas Kesehatan dengan pengawalan ketat anggota TNI dan Polri.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr. Widji Lestariono menyebut jumlah vaksin yang datang ke Banyuwangi sebanyak 5.400 dosis. Vaksin itu nantinya akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan di Kabupaten Banyuwangi.

"Sebanyak 5.400 dosis vaksin Covid-19 telah tiba di Banyuwangi. Saat ini kami simpan di kamar pendingin penyimpan vaksin," jelas Rio, sapaan Widji Lestariono.

Baca juga: Vaksin yang Didapat Pemkab Tuban Lebih Sedikit dari Alokasi Awal, Begini Penjelasannya. 

Esoknya, kata Rio, seluruh fasilitas kesehatan pemberi layanan vaksinasi Covid-19 akan mengambil jatah kuotanya ke Banyuwangi. Terdapat 49 faskes yang akan melayani vaksinasi. Yakni 45 Puskesmas, dua rumah sakit daerah, kantor kesehatan pelabuhan (KKP) Banyuwangi, dan klinik kesehatan Polresta Banyuwangi.

"Sudah kami instruksikan agar pengambilan vaksin setiap faskes koordinasi dengan pihak pengamanan setempat. Karena pengambilan vaksin harus memperhatikan keamanan. Besok mereka akan mengambil sesuai jadwalnya," kata Rio.

Pelaksanaan vaksinasi di Banyuwangi akan dimulai pada Kamis 28 Januari 2021. Pada tahap pertama, vaksin akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan. 

"Kick off vaksinasi akan dilakukan Kamis 28 Januari 2021. Pelaksanaan akan ditandai dengan pemberian vaksinasi pada sejumlah tokoh Banyuwangi. Dengan diawali dari tokoh, kami berharap bahwa seluruh warga mendukung vaksinasi ini," kata Rio. 

Dijelaskan lebih lanjut oleh Rio, setiap penerima vaksin covid 19 akan diberikan suntikan vaksin sebanyak dua kali, dengan interval waktu 14 hari dari suntikan pertama.

"Nantinya secara bertahap, kami berharap 70 persen populasi di Banyuwangi sudah menerima vaksin Covid-19, sehingga bisa segera tercipta kekebalan tubuh bersama," ungkapnya. 

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyambut baik kedatangan vaksin Sinovac di Banyuwangi. Vaksin tahap pertama pada termin kedua ini diprioritaskan untuk tenaga kesehatan dan pimpinan di Banyuwangi serta tokoh masyarakat. 

"Tentu ini akan menjadi semangat kita semua untuk bangkit dari pandemi COVID-19 ini. Dan kepada tenaga kesehatan, semoga vaksin ini menjadi senjata pelengkap nakes yang terus berjuang menangani covid 19," pungkasnya. (Haorrahman)

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved