Breaking News:

Pesawat Canggih Cassa NC 212i Buatan PT DI Perkuat Skadron Udara 4 Malang

Lini pesawat angkut ringan di TNI AU bertambah. Dimana satu pesawat canggih Cassa NC 212i buatan PT Dirgantara Indonesia (PT DI), memperkuat Skadron

Istimewa/TribunJatim.com
Pesawat Cassa NC 212i 

Reporter: Kukuh Kurniawan | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Lini pesawat angkut ringan di TNI AU bertambah. Dimana satu pesawat canggih Cassa NC 212i buatan PT Dirgantara Indonesia (PT DI), memperkuat Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Berangkat dari Hanggar Delivery Center PT DI Bandung pada Selasa (26/1/2021) pukul 08.00 WIB, pesawat tersebut diterbangkan oleh Letkol Pnb Muhammad Arif yang merupakan Komandan Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang bersama tujuh orang air crew. 

Pesawat yang memiliki warna loreng hijau itu tiba di Lanud Abdulrachman Saleh pada Selasa (26/1/2021) pukul 10.30 WIB. Dan langsung disambut oleh water salute, sebelum parkir di depan hanggar. 

Dan pada Rabu (27/1/2021) siang, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo akan datang ke Lanud Abdulrachman Saleh untuk melihat pesawat baru tersebut.

Baca juga: Jenazah Pekerjaan Migran Asal Jember Tertukar Jenazah Asal Sragen, Polisi Ungkap Faktanya

Namun karena cuaca buruk dan hujan lebat, jadwal tersebut batal. Dan KSAU yang berada di dalam perjalanan udara, memutuskan untuk kembali lagi ke Jakarta.

Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Marsma TNI Wayan Superman, mengatakan pesawat dengan nomor A-2112 tersebut, adalah pesawat yang sangat canggih.

"Pesawat Cassa NC 212i adalah pesawat multiguna generasi terbaru dengan daya angkut 28 penumpang, memiliki ramp door, dan kabin yang luas di kelasnya. Selain itu sistem navigasi dan komunikasi juga lebih modern," ujarnya kepada TribunJatim.com, Rabu (27/1/2021).

Ia juga menjelaskan bahwa pesawat tersebut dapat memiliki peran serbaguna.

"Selain difungsikan sebagai angkut pasukan, dapat juga digunakan untuk pembuat hujan dan foto udara," tambahnya.

Sementara itu Komandan Skadron 4 Lanud Abdulrahman Saleh, Letkol Pnb Muhammad Arif mengungkapkan, suatu kehormatan dapat menerbangkan pesawat tersebut. 

Dan pesawat Cassa NC 212i itu, merupakan satu dari sembilan pesawat yang dibeli Kementerian Pertahanan dari PT DI, dengan end user adalah TNI AU.

"Yang datang sementara hanya satu, yang lainnya secara bertahap. Tahun ini ada empat pesawat yang datang, lima sisanya akan datang di tahun 2022 mendatang. Dan kami berharap dengan kehadiran pesawat ini, dapat menjadi salah satu andalan kami semua. Karena teknologi terbarunya yang relatif lebih modern dan serbaguna," tandasnya.

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved