Breaking News:

Edwin Soeryadjaya Bagi Tips Sukses Atasi Krisis di Masa Pandemi

Chairman of PT. Saratoga Investama Sedaya Edwin Soeryadjaya membagi tips bagi para pengusaha untuk eksis mengatasi krisis. Bukan hanya bagi pengusaha

TribunJatim.com/ Bobby Constantine Koloway
Webinar soal ekonomi oleh Surya 

Reporter: Bobby Constantine Koloway | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Chairman of PT Saratoga Investama Sedaya Edwin Soeryadjaya membagi tips bagi para pengusaha untuk eksis mengatasi krisis. Bukan hanya bagi pengusaha besar, namun juga mikro dan kecil.

Putra William Soeryadjaya ini membagikan kisahnya kala sukses melewati krisis moneter di 1998 hingga mengembangkan banyak usaha hingga saat ini. Hal ini ia sampaikan menjawab pertanyaan CEO Tribun Network Dahlan Dahi dalam Webinar bertajuk “Indonesia Economic Ideation”, Kamis (28/1/2021) malam.

"Saya pernah 6-7 bulan tidak memiliki pekerjaan dan tidak tahu bagaimana menghidupi keluarga saya. Saudara jadi nggak kenal. Kawan jadi musuh.
Bayangan pun lari," katanya mengawali cerita.

Baca juga: Digendong Sang Ayah, Pasien Covid-19 Kabur dari RSUD Ibnu Sina Gresik

"Anak-anak saya saat itu masih kecil. Tapi, saya tidak begitu saja menyerah," kata Edwin melanjutkan pada diskusi yang terselenggara atas kerjasama Harian Surya dan Habitat For Hummanity Indonesia ini.

Sejak mengawali bisnis, ia konsisten menjaga nama baik. "Salah satu modal utama yang saya warisi adalah menjaga nama baik. Saya selalu mengembalikan pinjaman dari bank, sekali pun pinjaman itu bukan atas nama saya," katanya.

Hal lainnya, ia juga konsisten membantu masyarakat sekitar. Menurutnya, ia menjalankan nasihat dari sang ayah.

"Semenjak di Astra, saya diajarkan untuk membantu membudidayakan masyarakat. Saya ingat apa yang harus diterapkan: harus memperhatikan kepentingan orang lain," katanya.

Saat mengembangkan Astra, banyak supplier binaan dari daerah yang menjual produk ke Astra. "Ada yang dari Tegal karena di sana banyak pandai besi. Kami membina pengusaha kecil mulai dari pembiayaan, pembelajaran, pengelolaan keuangan," katanya.

Hal inilah yang kemudian membantunya bangkit pasca sempat jatuh dengan kehilangan Astra. Bersama dengan Sandiaga Uno, pada tahun 1998 ia mendirikan Saratoga Capital, perusahaan investasi terkemuka di Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved