Breaking News:

Menuju Pelantikan Kepala Daerah Jember Hasil Pilkada 2020

- DPRD Jember mulai memproses dokumen pelantikan kepala daerah Jember terpilih hasil Pilkada serentak Desember 2020 ke menteri Dalam Negeri

sri wahyunik/surya
Rapat paripurna DPRD Jember beragendakan pengumuman hasil penetapan pasangan calon kepala daerah terpilih hasil Pilkada Jember 2020, Jumat (29/1/2021) 

Reporter : Sri Wahyunik | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - DPRD Jember mulai memproses dokumen pelantikan kepala daerah Jember terpilih hasil Pilkada serentak Desember 2020 ke menteri Dalam Negeri melalui gubernur Jawa Timur.

Proses itu dimulai dari rapat sidang paripurna 'pengumuman hasil penetapan pasangan calon terpilih pemilihan bupati dan wakil bupati Jember tahun 2020 dan pengumuman akhir masa jabatan bupati dan wakil bupati Jember masa jabatan 2016 - 2021', Jumat (29/1/2021).

Sidang paripurna itu dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Jember terpilih, Hendy Siswanto dan Muh Balya Firjaun Barlaman. Sedangkan kepala daerah Jember yang hadir adalah Wakil Bupati Jember Abdul Muqit Arief. Bupati Jember Faida tidak menghadiri rapat paripurna itu, baik luring maupun daring.

Rapat paripurna itu sendiri memang digelar secara daring, dan luring.

"Hari ini kami melakukan rapat paripurna ini, sebagai salah satu syarat untuk pengurusan pelantikan kepala daerah terpilih," ujar Wakil Ketua DPRD Jember Ahmad Halim.

Setelah rapat paripurna itu, pihaknya mengirimkan dokumen rapat sidang paripurna itu ke gubernur Jawa Timur, untuk diteruskan ke Mendagri.

Baca juga: Sidak Jalan Rusak di Buncitan, Pj Bupati Sebut Dana Rp 1,8 M Bisa Dipakai Perbaikan

Baca juga: Spoiler Ikatan Cinta 29 Januari 2021: Rahasia Al Terbongkar, Papa Surya Minta Al Jangan Ganggu Andin

Baca juga: Jatuh Hati Lewat Facebook, Sutoyo Ditipu Bunga Rp 456 Juta, Terdakwa: Uangnya Buat Bayar 4 Rentenir

"Setelah ini tinggal menunggu surat keputusan, dan pelantikan saja. Pelantikan pada Februari nanti akan dilakukan di ibukota provinsi, karena ini hasil Pilkada serentak," imbuh Halim kepada TribunJatim.com.

Halim menambahkan, sidang paripurna tersebut menindaklanjuti surat dari KPU Jember tentang penetapan pasangan calon kepala daerah terpilih hasil Pilkada Jember Desember 2020.

Dalam rapat paripurna kali ini, DPRD Jember memang mengundang calon bupati dan wakil bupati terpilih, juga bupati Jember dan wakil bupati Jember saat ini.

"Karena agendanya mengumumkan penetapan pasangan calon terpilih, juga mengumumkan akhir masa jabatan bupati dan wakil bupati periode 2016 - 2021. Memang hanya dihadiri wakil bupati. Untuk bupati, kenapa tidak hadir, kami tidak mendapatkan pemberitahuan," kata Halim.

Masa jabatan Bupati Faida dan Wabup Abdul Muqit Arief akan berakhir 17 Februari mendatang.

Seperti diketahui, pasangan Hendy Siswanto dan M Balya Firjaun Barlaman (Gus Firjaun) memenangi Pilkada Jember 2020. Pasangan ini akan menjadi kepala daerah Jember berikutnya untuk periode 2021 - 2024.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved