Breaking News:

Permintaan Plasma Konvalesen Tinggi, Kapolres Jember Ajak Anggota Donor Plasma ke PMI Jember

76 orang penyintas Covid-19 dari Polres Jember mengikuti bakti sosial donor plasma konvalesen Covid-19, Kamis (28/1/2021). Bakti sosial itu

TribunJatim.com/ Sri Wahyunik
Donor darah plasma Polres Jember 

Reporter: Sri Wahyunik | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - 76 orang penyintas Covid-19 dari Polres Jember mengikuti bakti sosial donor plasma konvalesen Covid-19, Kamis (28/1/2021). Bakti sosial itu bekerjasama dengan PMI Kabupaten Jember, dan RSD dr Soebandi Jember.

Para penyintas itu adalah anggota Polri yang bertugas di Polres Jember, dan sudah dinyatakan negatif Covid-19.

Bakti sosial itu diinisiasi Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin untuk menambah ketersediaan plasma darah dari orang yang berada di fase sembuh (konvalesen).

Donor darah plasma konvalesen diikuti 76 orang penyintas Covid-19 dari anggota Polres Jember. Mereka mengikuti skrining awal di Kantor Unit Donor Darah PMI Jember, di Jl Srikoyo Kecamatan Patrang. Mereka yang lolos skrining, bisa melakukan donor plasma di UDD RSD dr Soebandi Jember.

”Kami mengajak anggota

Baca juga: BI Jatim Optimistis Ekonomi Jatim Bisa Tumbuh di 2021, 5 Hal Ini Kunci Utamanya

dan masyarakat yang sembuh dari Covid-19 untuk turut berpartisipasi sebagai pendonor darah plasma. Kami memastikan  kegiatan donor darah di masa pandemi aman dilakukan karena menerapkan protokol kesehatan dan proses skrining yang sangat ketat," ujar Arif.

Sementara, Ketua PMI Kabupaten Jember Zaenal Marzuki mengapresiasi langkah kapolres Jember beserta jajarannya untuk membantu menjaga ketersediaan darah plasma yang sangat terbatas, sementara permintaan sangat tinggi baik dari Kabupaten Jember maupun dari luar daerah.

Unit Donor Darah PMI Kabupaten Jember telah melayani sebanyak 69 kantong plasma konvalesen Covid-19. Jumlah tersebut dari semua golongan darah.

Rinciannya, golongan  darah O sebanyak 27 kantong, golongan darah A sebanyak 24 kantong, golongan darah B sebanyak 11 kantong dan golongan darah AB sebanyak 9 kantong.

Dan hingga hari ini, antrean yang membutuhkan plasma konvalesen ada 43 pasien, yaitu untuk golongan darah A sebanyak 11 pasien, B sebanyak 9 pasien, O sebanyak 16 pasien dan AB sebanyak 17 pasien. Sementara saat ini stok plasma konvalesen tersedia 15 kantong yang semuanya itu telah dipesan sebelumnya oleh pasien.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved