Breaking News:

Satpol PP Sebut Kos yang Jadi Tempat Prostitusi Siswi SMP dan SMA di Kota Mojokerto Tak Berizin

Satpol PP sebut rumah kos yang jadi tempat prostitusi online siswi SMP dan SMA di Kota Mojokerto tak berizin.

TribunJatim.com/ Samsul Arifin
Polda Jatim ungkap kasus prostitusi online di Mojokerto, 2021. 

Reporter: Mohammad Romadoni | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) akan menindak tegas rumah kos yang tidak sesuai peruntukannya.

Hal ini menyusul kejadian adanya prostitusi terselubung yang melibatkan anak di bawah umur siswi SMP dan SMA usia 14 tahun sampai 16 tahun di sebuah rumah kos di Jalan Raya Lingkungan Kuwung, Kelurahan Meri, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto.

Kasatpol PP Kota Mojokerto, Heryana Dodik Murtono menjelaskan, berdasarkan Perda Nomor 13 Tahun 2015 tentang penyelenggaraan rumah kos yang telah mengatur syarat apabila dijadikan kos maka harus mengantongi izin.

"Sebenarnya pengertian rumah kos sudah disampaikan, yaitu rumah atau kamar yang disewakan sebagai tempat tinggal dalam jangka waktu tertentu," ungkapnya di Kantor Satpol PP Kota Mojokerto, Selasa (2/2/2021).

Namun sesuai informasi, rumah kos itu juga disewakan bertarif harian, maka termasuk penginapan bukan lagi rumah kos yang bulanan. 

"Tempat tinggal itu sudah digunakan selama satu tahun untuk kos yang bisa dikatakan ilegal karena tidak memiliki izin," ucap Dodik.

Kapasitas satpol PP sebagai penegak Perda akan menertibkan rumah kos tidak berizin apalagi yang disalahgunakan sebagai tempat prostitusi online terselubung.

Baca juga: Gubernur Jatim Khofifah dan Ning Ita Tinjau Tanggul Sungai Brangkal Mojokerto yang Ambrol

Sedangkan, penanganan human trafficking dengan unsur pidana merupakan wewenang dari aparat kepolisian.

"Jadi lokasinya tersebut adalah rumah tinggal yang dijadikan kos dan tidak ada tanda pemberitahuan bahwa itu rumah kos," jelasnya.

Halaman
123
Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved