Breaking News:

Hujan Deras Picu Banjir Bandang di Besowo Kepung Kediri Merusak Penampungan Air

Banjir bandang merusak tempat penampungan air minum milik warga Desa Besowo Kecamatan kepung Kabupaten Kediri yang baru dibangun oleh warga.

istimewa
Warga saat melakukan pembersihan kerja bakti untuk tempat penampungan air minum yang rusak diterjang banjir bandang 

Reporter : Farid Mukarrom | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Banjir bandang merusak tempat penampungan air minum milik warga Desa Besowo, Kecamatan kepung, Kabupaten Kediri yang baru dibangun oleh warga.

Curah hujan tinggi diduga menjadi penyebab utama adanya banjir bandang yang merusak tempat penampungan air minum warga.

Suyanto Kepala Desa Besowo Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri saat ditemui di Kantor Balai Desa menuturkan bahwa pihaknya sebelumnya baru memperbaiki tempat PAM itu.

"3 Minggu lalu warga saya baru selesai memperbaiki ini. Sebelumnya pada awal Januari lalu pernah rusak kenak banjir bandang sekarang kembali rusak lagi," ungkapnya kepada SURYA.CO.ID Kamis (4/2/2021).

Akibat kejadian ini warga 6 Dusun di Desa Besowo Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri harus mengandalkan air tadah hujan dan bantuan droping dari BPBD.

Gorong-gorong Pecah, Jalan antar Desa di Kecamatan Panggul Trenggalek Ambles

Wanita Syok Hamil Baru 18 Minggu Perut Bak 8 Bulan, Bayi Mulai Gerak Bun, Tak Dirasa Kulit Menebal

Wendy Cagur Kepanasan saat Berhubungan Intim di Mobil Bareng Istri, Mau Kepergok Satpam: Lanjut?

"Sementara ini warga kami hanya bisa pasrah mengandalkan bantuan itu. Tapi kami sudah berkoordinasi dengan baik dengan Pemda. Nanti akan dibangunkan kembali tempat ini, atau mencari alternatif lain," imbuh Kades Besowo.

Selain itu menurut Suyanto pihaknya saat ini sedang mengupayakan menggunakan sumber air lain bernama Sikuning. Tujuannya agar tak selamanya menggantungkan bantuan droping.

"Karena posisi sumber air sikuning ini ada di bawah, tentu perlu dibuatkan pipa penyambung agar bisa mengalirkan ke seluruh dusun," tuturnya.

Sementara itu Kepala BPBD Kabupaten Kediri Slamet Turmudi menuturkan bahwa saat ini pihaknya sudah koordinasi dengan dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kediri.

"Nanti untuk pembangunannya sedang diupayakan oleh Dinas PU. Tetapi sementara ini untuk memasok kebutuhan air minum, akan dibantu oleh personil BPBD Kabupaten Kediri," singkatnya kepada TribunJatim.com.

Penulis: Farid Mukarrom
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved